Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Paralimpiade Tokyo 2020] Indonesia Amankan Tiga Tiket Semifinal Para Bulutangkis
02 September 2021
[Paralimpiade Tokyo 2020] Indonesia Amankan Tiga Tiket Semifinal Para Bulutangkis
 
 

Tim para bulutangkis Indonesia setidaknya sudah berhasil mengamankan tiga tiket semifinal Paralimpiade Tokyo 2020, Kamis (2/9). Hasil ini diraih dari penampilan luar biasa atlet putri, Leani Ratri Oktila. Dalam tiga pertandingan yang dimainkannya tiga kategori berbeda yakni tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran, Leani mampu menutupnya dengan kemenangan.

“Saya bersyukur banyak pemain kita yang meraih kemenangan hari ini. Hasil bagus itu merupakan bukti cepatnya adaptasi pemain dengan kondisi angin di lapangan,” kata Manajer tim para bulutangkis Indonesia, Sapta Kunta Purnama dalam rilis yang dikirimkan.

“Kemenangan hari ini memastikan langkah Ratri lolos ke babak semifinal untuk tiga nomor sekaligus,” tambah Kunta.

Leani membuka kemenangan pertamanya pada penyisihan Grup A ganda putri SL3-SU5, berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah. Mereka mengalahkan pasangan Thailand, Saensupa Nipada/Srinavakul Chanida dengan skor 21-9, 21-13.

Selanjutnya Leani membukukan kemenangan dari rekan senegaranya yang juga pasangan di ganda putri Khalimatus di tunggal putri SL4 Grup A. Leani menang dengan skor 21-14, 21-10.

Leani kemudian akan berhadapan dengan pemain Prancis, Noel Faustine. Noel sendiri sudah kalah dari Khalimatus dua game langsung, 21-18, 21-13 di penyisihan Grup A SL4 yang juga dimainkan hari ini.

Di nomor ganda campuran SL3-SU5 Grup A, Leani dengan Hary Susanto memantapkan diri lolos sebagai juara grup setelah meraih kemenangan atas pasangan Jerman, Pott Jan Niklas/Seibert Katrin dengan skor 21-7, 21-17. Hasil itu merupakan kemenangan kedua Leani/Hary di penyisihan Grup A.

Sayangnya, Hary yang juga tampil di tunggal putra SL4 Grup A harus menelan kekalahan dari Mazur Lucas (Perancis) dengan skor 3-21, 7-21. Hasil ini menyebabkan langkah Hary menjadi berat di tunggal putra. Ia pun mengaku kini akan fokus di ganda campuran.

Kekalahan juga menimpa Ukun Rukaendi yang takluk di tangan pemain Jepang, Fujihara Daisuke, 5-21, 18-21.

Pada tunggal putra penyisihan grup B SL4, atlet Indonesia Fredy Setiawan mengalahkan pemain Korea Selatan, Shin Kyung Hwan 21-8, 21-9.

Di penyisihan Grup A tunggal putra SU5, Suryo Nugroho unggul atas pemain Polandia, Mroz Bartlomiej, 21-13, 21-10. Kemenangan juga diraih oleh Dheva Anrimusthi 21-10, 21-10 atas Loquette Meril dari Prancis di Grup A SU5.

“Saya bersyukur banyak pemain kita yang meraih kemenangan hari ini. Hasil bagus itu merupakan bukti cepatnya adaptasi pemain dengan kondisi angin di lapangan,” kata Kunta mengenai penampilan timnya di Yoyogi National Stadium, Jepang.

Indonesia sementara telah memastikan tiga wakil di semifinal, namun berpeluang menambahkan wakilnya lagi. Sejumlah pemain lain masih berpeluang lolos ke babak semifinal tergantung pertandingan penyisihan terakhir grup pada Jumat (3/9).

Deva Anrimusthi dan Suryo Nugroho berpeluang melaju ke semifinal tunggal putra SU5 jika mampu meraih kemenangan di laga terakhir. Deva akan melawan Mroz Bartlomiej (Polandia) sedangkan Suryo ditantang Meril Loquette (Perancis).

Fredy Setiawan juga bisa menggenggam tiket semifinal jika mampu mengalahkan Siripong Teamarrom (Thailand) serta Ukun Rukaendi akan melaju ke empat besar jika menang atas Daniel Bethell (Inggris). (NAF)