Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Bagas Maulana, Pemain Muda yang Menggebrak Dunia
22 Maret 2022
Bagas Maulana, Pemain Muda yang Menggebrak Dunia
 
 

Pemain ganda putra PB Djarum, Bagas Maulana, baru saja sukses menggebrak perbulutangkisan dunia. Bersama pasangannya, Muhammad Shohibul Fikri, Bagas berhasil merebut podium tertinggi kejuaraan bergengsi All England 2022.

Tak tanggung-tanggung, Bagas/Fikri bahkan mengalahkan tiga unggulan teratas yang juga merupakan juara dunia dan juara All England sebelumnya. Seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Melihat pencapaiannya kali ini, perjalanan Bagas rupanya sudah dimulai sejak usai yang sangat muda. Bagas merupakan pemain kelahiran Cilacap pada 20 Juli 1998 lalu. Ia bergabung dengan PB Djarum di tahun 2012.

Di tahun 2014, Bagas sukses menjadi juara ganda putra di Singapore Youth International, Candra Wijaya Men’s Double Championships, Djarum Sirnas Surabaya, dan runner up Piala Walikota Surabaya.

Di 2015 meski tak menjadi juara, Bagas tetap berprestasi. Beberapa podium yang dia capai di antaranya runner up Djarum Sirnas Jawa Barat dan Jawa Timur, hingga runner up Pembangunan Jaya Cup 2015.

Kemudian di tahun 2016, Bagas kembali tampil di podium utama. Ia menjadi juara Djarum Sirnas Premier Jakarta Open, Indonesia Junior Grand Prix, dan juga Kejurnas Perorangan Taruna.

Bagas menjadi runner up Indonesia International Challenge 2018. Satu tahun berikutnya Bagas kian menunjukkan tajinya dengan menjadi juara di Finnish Open International Challenge dan Hyderabad Open Super 100.

Tahun lalu, di tengah kondisi pandemi Covid-19, Bagas tampil baik di kesempatan bertandingan. Ia menjadi runner up Belgian International Challenge dan merebut medali perak PON XX Papua di nomor ganda campuran dan perunggu di ganda putra.

Kini, penampilan Bagas kian diperhitungkan. Menjadi juara All England bersama Fikri, keduanya diharapkan bisa terus konsisten dalam merebut prestasi. Setelah menaklukkan All England 2022, Bagas/Fikri melanjutkan perjalanannya ke Swiss Open.

Swiss Open 2022 akan berlangsung mulai hari ini, 22-27 Maret di St. Jakobshalle Basel, Swiss. Pertandingan BWF Super 300 ini akan memperebutkan total hadiah sebesar US$180.000. (NAF)