Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [India Open Grand Prix Gold 2012] Ganda Putra Memiliki Peluang Besar
19 Desember 2012
[India Open Grand Prix Gold 2012] Ganda Putra Memiliki Peluang Besar
 
 

Minggu (16/12) lalu, India baru usai menggelar International Challenge, dimana Indonesia berhasil meraih satu gelar ganda campuran melalui Irfan Fadhilah/Weni Anggraeni, dan dua runner up melalui atlet PB Djarum, Febby Angguni dan pasangan Alfian Eko Prasetyo/Gloria Emmanuelle Widjaya. Minggu ini mata dunia bulutangkis masih akan tertuju ke negeri di Asia Selatan itu. Gelaran India Open Grand Prix Gold 2012 akan menyita segenap perhatian para pecinta bulutangkis tanah air. Terlebih lagi ada banyak wakil merah putih yang turun di gelaran yang diadakan di Lucknow, India tersebut.

Di sektor ganda putra, Indonesia menjadi cukup mendominasi. Turunnya Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan membuat unggulan pertama menjadi milik merah putih, ditambah dengan Ricky Karanda Suwandi/Muhammad Ulinnuha menjadi unggulan kedua. Selain dua unggulan teratas tersebut, Indonesia mengirim enam pasangan lainnya.

Peluang merah putih untuk meraih gelar di sektor ini cukup terbuka. Tetapi tentu harus tetap mewaspadai lawan-lawan yang akan dihadapi dalam perjalanan menuju podium juara. Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae bisa menjadi batu sandungan terbesar bagi ganda-ganda merah putih. Bekal juara di Mumbai pekan lalu, tentu menjadi modal besar bagi pasangan yang baru diduetkan usai Olimpiade 2012 lalu. Pasangan merah putih yang akan menantang mereka pertama adalah ganda muda Ronald Alexander/Selvanus Geh.

Wahyu Nayaka/Ade Yusuf kemungkinan akan saling berebut tempat untuk melawan Ko/Lee di babak perempat final dengan pasangan Indonesia lainnya Rahmat Adianto/Hardi Hardianto yang akan saling bersua dibabak kedua jika keduanya mampu mengalahkan lawan masing-masing. Wahyu/Ade di babak pertama ditantang oleh Mohd. Lutfi Zaim Abdul Khalid/Teo Kok Siang dari Malaysia, sementara Rahmat/Hardi akan bersua dengan unggulan delapan asal tuan rumah Pranaav Jerry Chopra/Akshay Dewalkar.

Ko/Lee pun kemungkinan akan kembali bersua dengan pasangan Indonesia, jika mereka mampu menembus babak semifinal dan menantang unggulan dua, Ricky/Ulinnuha. Kendati sebelumnya Ricky/Ulinnuha pun berkesempatan untuk saling mengalahkan dengan pasangan Indonesia lainnya, Marcus Fernaldi/Agrippina Prima Rahmanto di delapan besar. Sementara di papan atas undian, Yonathan/Hendra memiliki peluang untuk bersua dengan Berry Angriawan/Yohanes Rendy Sugiarto di perempat final. Semoga, gelar bisa kembali dibawa pulang ke tanah air. (IR)