Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Asia Junior Championships 2013] Rosyita Masih Jadi Andalan
09 Juli 2013
[Asia Junior Championships 2013] Rosyita Masih Jadi Andalan
 
 

Rosyita Eka Putri Sari masih menjadi andalan ganda putri di beregu Asia Junior Championships 2013. Diturunkan sejak hari pertama, Rosyita dipastikan kembali bermain pada perempat final melawan tim Thailand. Kali ini ia akan berpasangan dengan Setyana Mapasa, pemain besutan Tangkas Specs Jakarta.

"Di nomor ganda putri nama Rosyita memang masih jadi andalan. Sejauh ini kondisinya masih bagus, dan peluang bertemu Thailand masih bisa diusahakan yang terbaik," kata Rudi Gunawan, pelatih ganda putri, ditemui usai pertandingan, Senin (8/7).

Sejak hari pertama melawan Kazakhstan, Rosyita menjadi algojo di ganda putri bersama Uswatun Khasanah. Keduanya mengalahkan Ismailova Nargiza/Kassenova Akbayan 21-0 dan 21-7, Minggu (7/7). Sementara sore harinya saat melawan Singapore, Rosyita yang berganti pasangan dengan Setyana Mapasa mengalahkan Chua Yi Ling Elaine/Yeo Jia Min, 21-10 dan 21-17.

"Kalau ditanya capek, ya capek, tapi saya bangga karena ditunjuk dan dipercaya untuk memperkuat tim," kata Rosyita. "Tapi kalau kalah ada perasaan nggak enak sama tim dan pelatih," tambah atlet kelahiran Yogyakarta tersebut.

Sayang saat Rosyita/Setyana diharapkan menjadi penentu kemenangan antara Indonesia dan Malaysia, keduanya tak mampu mengeluarkan performa terbaiknya.  Keduanya kalah dari Choong Joyce Wai Chi/Yap Cheng Wen, 19-21, 21-14 dan 18-21.


"Faktor tertekan pasti ada walaupun sedikit. Cuma tidak terlalu besar. Saya sudah tegaskan ke mereka untuk tidak terlalu dipikirkan, fokus aja ke pertandingan," kata Rudi.

Menanggapi laga terakhir di penyisihan grup, Rudi mengatakan bahwa performa ganda putri sudah cukup baik. Hanya saja permasalahan non teknis dirasa Rudi masih menjadi hambatan di lapangan.

"Rosyita sama Tyana tadi kalah silau lapangan. Sementara lawan banyak narik ke belakang. Jadi mau nggak mau agak mengganggu konsentrasi mereka," kata Rudi. "Apalagi Rosyita kalau lagi nyerang kadang suka nggak nyadar, tiba-tiba blank kena lampu," tambahnya.

Rudi pun berharap Rosyita/Setyana mampu bermain maksimal dan menyumbangkan poin untuk kemenangan melawan Thailand. (NM)