Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Kilas Balik Piala Sudirman 2015] Dihentikan Tuan Rumah
24 September 2021
[Kilas Balik Piala Sudirman 2015] Dihentikan Tuan Rumah
 
 

Gelaran perebutan Piala Sudirman 2015 kala itu berlangsung di Dongguan, Tiongkok. Indonesia sendiri berangkat dengan bekal pemain terbaiknya yang terdiri dari 11 pemain putra dan 9 pemain putri.

Tergabung dalam Grup C bersama Denmark dan Inggris, Indonesia berhasil mengalahkan keduanya dengan skor sama 3-2. Hal itu pun membawa tim merah putih keluar sebagai juara Grup C.

Lolos ke babak perempat final, Indonesia ditantang runner up Grup B, Taiwan. Tampil di laga pembuka, ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses menyumbang poin pertama usai mengalahkan Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin 21-17, 21-18. Di partai kedua, tunggal putra Bellaetrix Manuputty belum berhasil menyumbang poin usai kalah atas Tai Tzu Ying 17-21, 17-21. Kedudukan pun menjadi imbang sementara 1-1.

Tunggal putra Jonatan Christie yang tampil di partai ketiga, sukses kembali membawa Indonesia unggul sementara menjadi 2-1, setelah Jonatan mengalahkan Hsu Jen Hao 21-12, 13-21, dan 21-16.

Kepastian Indonesia melaju ke semifinal setelah di partai keempat, ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari mampu mengandaskan pasangan Hsieh Pei Chen/Wu Ti Jung dengan skor 21-14, 21-9. Skor akhir pun menjadi 3-1 dan membawa Indonesia ke semifinal. Hal itu juga membuat partai kelima ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal menghadapi Chen Hsiao Huan/Wang Chi Lin.

Baca juga : Mengenal Desain dan Makna Trofi Piala Sudirman

Di laga semfiinal, Indonesia harus langsung menghadapi tim tangguh Tiongkok. Hendra/Ahsan kembali membuka harapan kala berhasil menyumbang poin pertama bagi Indonesia usai mengalahkan Cai Yun/Fu Haifeng dengan 21-16, 21-17.

Di partai kedua, hal yang tidak diinginkan terjadi. Tunggal putri Bellaetrix tak mampu melanjutkan pertandingan setelah mendera cedera serius di awal game pertama saat menghadapi Li Xue Rui. Dengan demikan skor sementara menjadi imbang 1-1.

Lagi-lagi di partai ketiga tunggal putra Jonatan belum berhasil menyumbang poin kemenangan usai kalah dari Chen Long, 10-21 dan 15-21. Tiongkok pun balik unggul sementara 2-1.

Harapan Indonesia untuk bisa tampil di final pun pupus setelah wakil keempat ganda putri Greysia/Nitya kalah atas Tang Yuanting/Yu Yang dengan 21-17, 17-21, dan 15-21. Indonesia pun terpaksa terhenti, usai kalah 3-1 atas Tiongkok di semifinal.

Sementara itu Tiongkok kembali menjadi kampiun setelah di final mampu mengandaskan Jepang dengan skor telak 3-0. (ah)

Baca juga : [Kilas Balik Piala Sudirman 2011] Menjadi Semifinalis Lagi