Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hongkong Open Super Series 2012] Enam Ganda Putra Menuju Hongkong
20 November 2012
[Hongkong Open Super Series 2012] Enam Ganda Putra Menuju Hongkong
 
 

Sumber foto: www.badmintonlink.com

Sebanyak enam ganda putra Indonesia akan mengikuti kejuaraan penutup rangkaian turnamen Super Series. Hongkong menjadi tujuan para ganda putra Indonesia untuk berburu peringkat dan juga gelar juara dari kejuaraan dengan kategori Super Series.

Pasukan ganda putra Indonesia terbagi dalam dua kelompok. Tiga pasang berada di paruh undian atas, sementara tiga lainnya berada di pool bawah. Di paruh undian atas terdapat pasangan Bona Septano/Afiat Yuris Wirawan, Angga Pratama/Ryan Agung Saputra, serta pasangan senior Markis Kido/Alvent Yulianto. Di pool bawah, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berada bersama dengan Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan dan pasangan muda Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma.

Bagi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan keberangkatannya ke Hongkong merupakan kali ketiga dalam lawatan turnamen setelah keduanya di satukan oleh pelatih. Lawan pertama yang harus di hadapi pasangan yang memiliki peringkat 98 dunia ini, adalah pasangan dari Jerman, Ingo Kindervater/Johannes Schoettler. Keduanya belum pernah bertemu dalam pertandingan resmi. Meski peringkat ganda Indonesia berada jauh di bawah ganda Jerman yang saat menempati peringkat 17 besar dunia, tidak tertutup kemungkinan ganda Indonesia ini akan sanggup mengalahkan lawan di babak pertama. Apalagi pada saat baru pertama kali mereka di satukan sudah bisa menembus babak semifinal Denmark Open Super Series Premier 2012. Bahkan pada turnamen French Open Super Series 2012, mereka mampu mengalahkan Mathias Boe/Carsten Mogensen, pemegang medali perak Olimpiade London 2012.

Seandainya mampu melewati babak pertama, maka dibabak kedua Ahsan/Hendra akan bertemu antara pasangan Korea Selatan Shin Baek Choel/Yoo Yeon Seong atau Hong Wei/Shen Ye dari China yang menempati unggulan keenam. Ganda Indonesia pernah bertemu dengan kedua calon lawan di babak kedua. Hanya saja Ahsan/Hendra pernah sekali menang dari Hong Wei/Shen Ye sementara dengan Shin Baek Choel/Yoo Yeon Seong ganda Indonesia mengalami satu kali kekalahan.

Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan mendapat undian yang kurang menguntungkan. Mereka langsung bertemu unggulan ketujuh Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata di babak pertama. Sementara itu ganda muda Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma akan menghadapi ganda India Pranaav Jerry Chopra/Akshay Dewalkar.

Di paruh undian atas, Bona Septano yang bersanding dengan pasangan barunya Afiat Yuris Wirawan akan bersua pasangan dari Malaysia Gan Teik Chai/Ong Soon Hock pada babak pertama. Markis Kido yang merupakan kakak kandung Bona Septano, bersama dengan Alvent Yulianto akan menghadapi pasangan yang lolos dari babak kualifikasi. Satu-satunya pasangan Indonesia yang berada pada daftar unggulan, Angga Pratama/Ryan Agung Saputra akan melayani permainan ganda dari Prancis Baptiste Careme/Gaetan Mittelheiseer. (AR)