Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Paralimpiade Tokyo 2020] Leani Ratri Bersiap Hadapi Empat Pertandingan Beruntun dalam Satu Hari
03 September 2021
[Paralimpiade Tokyo 2020] Leani Ratri Bersiap Hadapi Empat Pertandingan Beruntun dalam Satu Hari
 
 

Pencapaian luar biasa berhasil ditorehkan oleh atlet para bulutangkis putri Indonesia, Leani Ratri Oktila, di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Pada debut cabang olahraga para bulutangkis, Leani Ratri mencatatkan diri lolos ke semifinal di tiga nomor berbeda sekaligus.

Memasuki babak semifinal di Yoyogi National Stadium, Jepang, Sabtu (4/9), Leani Ratri akan membukanya dengan pertandingan ganda putri SL3-SU5. Ia yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah akan melawan pasangan Perancis, Morin Lenaig/Noel Faustine pada pukul 09.00 waktu setempat.

Selanjutnya pada siang harinya, sekitar pukul 12.45 waktu Jepang, Leani akan berjuang untuk lolos ke final tunggal putri SL4 saat melawan Ma Huihui (China) untuk memperebutken tiket final.

Pertandingan semifinal ketiga akan dimainkan Leani yang berpasangan dengan Hary Susanto pada ganda campuran SL3-SU5 melawan pasangan Bhagat Pramod/Kohli Palak dari India, pukul 15.15 waktu Jepang.

Pemain yang dijuluki “Queen of Parabadminton” itu kemudian akan memainkan laga keempatnya di nomor ganda putri. Jika lolos dari semifinal, ia akan melesat ke final dan memperebutkan medali emas. Namun jika kalah di empat besar, ia dan Khalimatus juga akan kembali bertanding untuk memperebutkan medali perunggu.

Meski akan memainkan pertandingan maraton dalam sehari, pemain berusia 30 tahun itu mengatakan akan fokus pada setiap pertandingan dan pemulihan fisik untuk tampil di babak empat besar.

“Sangat bersyukur bisa masuk semifinal semua nomor yang saya ikuti. Sekarang saya hanya berpikir untuk jaga kondisi dan istirahat secukupnya guna menghadapi pertandingan besok. Saya akan fokus ke satu per satu pertandingan yang akan saya mainkan,” kata Leani dalam rilis yang diterima PB Djarum.

Keberhasilan Leani masuk ke semifinal tiga nomor para bulutangkis dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto, sudah dapat diprediksi.

“Dari awal kami memang sudah memprediksi (Leani) Ratri akan masuk semifinal semua nomor yang diikutinya dan kami tidak kuatir dengan fisiknya karena selama Ratri sangat peduli dengan kondisi fisiknya,” kata Rima.

“Ratri pemain yang sangat profesional dan sangat disiplin dan mengatur waktu dalam menjaga kebugaran fisik,” lanjut Rima.

Peluang besar untuk meraih medali bagi kontingen Indonesia bisa diharapkan ke Leani yang menjadi unggulan utama pada tiga nomor semifinal yang akan dimainkannya. (NAF)