Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ribka Mentas Dua Kali di Dalam Negeri
08 Januari 2024
Ribka Mentas Dua Kali di Dalam Negeri
 
 

Perjalanan pebulutangkis putri Indonesia, Ribka Sugiarto pada tahun 2023 bersinar justru mendekati penghujung tahun. Pemain spesialis ganda asal PB Djarum ini mengemas dua gelar juara pada bulan September dan Oktober. Dua gelar yang dipersembahkan oleh Ribka didapat dari dua kejuaraan yang dilaksanakan di dalam negeri. Dua kali ia dan rekannya di ganda putri, Lanny Tria Mayasari moncer pada kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 100.

Gelar pertama diperoleh Ribka datang dari kota Medan. Pada ajang BNI Indonesia Masters I 2023 Ribka dan Lanny menjadi yang terbaik dengan menggusur sejumlah pasangan ganda putri dunia. Di babak pertama korbannya pasangan dari Taiwan, Cun Lin Chih/Chen Wu Meng yang dikalahkan dengan mudah 21-9, 21-11. Di babak kedua kembali ganda Taiwan yang menjadi korban. Kali ini giliran pasangan Jiang Yi Hua/Li ZI Qing yang dihentikan juga dengan mudah 21-6, 21-7. Di babak perempat final, Ribka dan Lanny menang 21-19, 21-12 atas ganda Thailand, Laksika Kanlaha/Phataimas Muenwong. Ribka dan Lanny baru bekerja keras pada babak semifinal. Pasangan India, Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa mengajakRiba dan Lanny bertanding tiga game. Untungnya Ribka dan Lanny bisa memetik kemenangan dengan 20-22, 21-16, 21-13. Di babak final kembali Ribka dan Lanny menang dua game. Kemenangan 20-22, 21-11 atas ganda Taiwan, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun membawa Ribka dan Lanny ke pentas juara.

Ribka dan Lanny meraih gelar kedua di kota Surabaya. Hanya saja perjuangannya diwarnai dengan melawan rekannya sendiri. Tengok saja, usai mendapat bye di babak pertama, Ribka dan Lanny harus mengubur impian rekannya Sofy Al Mushira Asharunnisa/Siti Sarah Azzahra pada babak kedua dengan 21-13, 21-15. Hanya di babak perempat final mereka melawan ganda Taiwan, Wang Szu Min/Wu Meng Chen. Itu pun dikalahkan Ribka dan Lanny dalam dua game 21-13, 21-10. Ribka dan Lanny mendapat perlawanan keras dari Febi Setianingrum/Jesita Putri Miantoro pada babak semifinal. Butuh tiga game 23-21, 9-21, 21-15 untuk menaklukkan rekannya. Di babak final kembali Ribka dan Lanny bertemu dengan sesama pasangan ganda putri Indonesia. Ribka dan Lanny yang mendapat kepercayaan tinggi mengalahkan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allesya Rose dengan 21-12, 21-16 pada babak final.

Ribka dan Lannys empat mencicipi sebagai semifinalis pada kejuaraan Orleans Masters Badminton 2023, Presented by Victor yang digelar di Orleans, Prancis. Namun usaha menembus babak final dihentikan ganda China yang sedang naik daun Liu Sheng Shu/Tan Ning dengan 8-21, 12-21

Menjadi perempat finalis juga pernah mereka alami pada kejuaraan Princess Sirivannavari Thailand Masters 2023 yang berlangsung di Bangkok, Thailand. Misi di awal tahun rupanya digagalkan oleh ganda Korea, Baek Ha Na/Lee So Hee dengan 12-21, 14-21. (AR)