Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [India Open 2021] Hanya Dua Pasang ke India
16 April 2021
[India Open 2021] Hanya Dua Pasang ke India
 
 

Kejuaraan bulutangkis dunia terus bergulir walau pandemi Covid-19 tetap mengancam. Meski banyak juga kejuaraan yang ditunda atau malah dibatalkan. India Open 2021 termasuk kejuaraan bulutangkis yang tetap dilaksanakan. Tingginya tingkat warga India yang terinfeksi virus Covid-19 tidak juga menghalangi Badan Bulutangkis Dunia (BWF) menggelar kejuaraan yang menawarkan hadiah total sebesar USD400.000.

Indonesia tetap mengirimkan wakilnya pada kejuaraan yang akan dilaksanakan dari tanggal 11 Mei sampai 16 Mei 2021. Sedianya, tim merah putih menyertakan dua pasang ganda campuran melalui Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan satu pasang ganda putra atas nama Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi. Tetapi pengiriman ganda putra yang pernah menjadi Semifinalis Orleans Masters 2021 itu akhirnya gagal dikarenakan posisi mereka yang hanya masuk dalam daftar tunggu. Gagal ke India, Sabar/Reza diberangkatkan ke kejuaraan Spain Masters 2021 yang dilangsungkan di Huelva, Spanyol.

India Open menjadi kejuaraan yang spesial bagi ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Tiga gelar juara berturut-turut berhasil mereka rebut dari negeri yang terkenal dengan bangunan Taj Mahal. Pertama kali Kevin/Marcus berdiri di podium tertinggi pada tahun 2016. Di babak final pasangan yang mendapat julukan “The Minions” ini sukses mengalahkan rekannya Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama. Di tahun 2017 lagi-lagi Kevin/marcus menang dari Ricky/Angga Di babak final. Pada tahun 2018 giliran ganda Denmark Astrup/Anders Skaarup Rasmuseen dibekuk di babak final. Kevin/Marcus pada tahun 2019 tidak ikut pada pertandingan yang dilaksanakan di New Delhi, India.

Tidak hanya Kevin/Marcus, ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga pernah merasakan hal yang sama. Ganda putri nomor satu Indonesia ini pernah dua kali berjaya di kejuaraan serupa. Pertama kali Greysia/Apriyani menjadi juara pada tahun 2018. Di babak final mereka membabat ganda asal Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Gelar di India Open bisa Greysia/Apriyani pertahankan. Pada tahun 2019, kembali mereka menjadi kampiun dengan mengalahkan ganda asal Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean. (AR)