Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kapal Api Group Indonesia Open 2023] Fajar/Rian dan Putri KW Lolos ke Babak 16 Besar
13 Juni 2023
[Kapal Api Group Indonesia Open 2023] Fajar/Rian dan Putri KW Lolos ke Babak 16 Besar
 
 

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil meloloskan diri ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Kapal Api Group Indonesia Open 2023. Pasangan rangking satu dunia itu melaju usai menghentikan wakil Denmark, Jeppe Bay/Lasse Mølhede dengan skor 21-15, 21-11.

"Senang rasanya bisa kembali bermain di Istora Senayan di hadapan publik sendiri dengan adanya gemuruh suporter. Di sini kami berusaha untuk tidak mengulang prestasi buruk saat tersingkir di babak awal pada ajang Malaysia Masters dan Singapore Open 2023," kata Fajar usai laganya di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (13/6).

"Pada dua turnamen ke belakang kami tidak bermain dengan maksimal. Kekalahan tersebut membuat kami evaluasi sebagai persiapan melangkah ke turnamen berikutnya," timpal Rian.

Pasangan Fajar/Rian berusaha bangkit dari hasil minor beberapa turnamen sebelumnya. Keduanya berharap bisa maksimal dan tampil lebih baik lagi di Indonesia Open 2023.

"Kritik wajar datang kepada kami jika meraih kekalahan. Saya merasa hal itu wajar dan mengambil sisi positif dari hal tersebut sebagai penyemangat untuk kami lebih baik lagi," tambah Fajar.

Setelah ini Fajar/Rian akan menantang wakil China, Ren Xian Yu/Tan Qiang.

Lolos ke babak 16 besar juga dipastikan tunggal putri Indonesia, Putri Kusuwa Wardani. Ia mengalahkan Iris Wang (Amerika Serikat) lewat pertarungan ketat 15-21, 22-20, 23-21.

"Tidak ada perasaan tegang di laga ini. Dari awal saya sudah mempersiapkan untuk bisa bermain lebih kuat melawan Iris Wang. Iris merupakan pemain yang kuat dan ngotot, saya harus lebih dari dia di laga ini," ungkap pemain kelahiran 20 Juli 2002 itu.

Juara Spain Masters 2021 itu menambahkan bahwa laga berjalan sangat ketat saat game kedua dan ketiga. Kedua pemain punya tekad kuat untuk meraih kemenangan dan beruntung Putri mampu mengatasi tekanan untuk akhirnya menang dalam tempo 92 menit.

"Sempat kejar-mengejar angka saat poin di atas 11. Saya bermain lebih sabar dengan fokus dari pertandingan ke pertandingan untuk bisa melewati laga dengan kemenangan," tambah Putri.

Selanjutnya Putri Kusuma Wardani akan menantang pemenang antara tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi atau Zhang Yi Man (China).

"Kemungkinan di babak berikutnya akan melawan Akane Yamaguchi yang punya kekuatan luar biasa serta akurasi pukulan yang sangat baik. Saya akan berbenah untuk menghadapi Akane di babak berikutnya," kata Putri.

Langkah Putri ke babak 16 besar memastikannya sebagai satu-satunya wakil tunggal putri yang tersisa. Sebelumnya Gregoria Mariska Tunjung kalah di babak pertama dari wakil India, Pusarla V. Sindhu dengan skor 19-21, 15-21. (NAF)