Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Harus Hati-Hati Hadapi Denmark
28 Mei 2011
Harus Hati-Hati Hadapi Denmark
 
 

Kemenangan Indonesia atas Jepang 3-2 di perempat final kejuaraan Piala Sudirman 2011 membawa Indonesia ke semifinal untuk bertemu Denmark yang menang 3-1 atas Taipei kemari (27/5). Denmark diperkuat oleh atlet-atlet terbaiknya. Sama sekali bukan lawan mudah.

Di perempat final kemarin, Denmark menghabisi Taipei 3-1 lewat kemenangan ganda campuran, tunggal putra, dan tunggal putri. Dalam menghadapi Denmark, Indonesia perlu berhati-hati di semua partai karena kekuatan Denmark merata di kelima partai; tidak seperti Taipei yang kekuatan utamanya datang dari partai ganda.

Atlet tunggal Denmark, Peter Gade dan Tine Baun akan menjadi dinding tinggi yang perlu diterobos. Dalam umur mereka yang demikian matang –Peter berusia 34 tahun, sedangkan Tine 31 tahun– kedua atlet ini masih sangat prima. Setahun terakhir, Peter selalu berhasil melaju ke semifinal semua turnamen yang diikutinya, sedangkan Tine sedikit lebih “buruk,” yakni selalu berhasil melaju ke perempat final semua turnamen yang diikutinya dalam rentang setahun terakhir, kecuali di Denmark Super Series 2010.

Firda hanya pernah menang sekali melawan Tine, yakni, di French Super Series dua tahun lalu. Tunggal putra lebih sedikit baik pengharapannya karena Simon Santoso pernah mengalahkan Peter Gade tiga kali. Yang paling anyar adalah di Korea Open Super Series Premier awal tahun ini. Dari partai ganda, ketiga partai akan berimbang. Ganda putra kedua negara berimbang, siapa pun yang akan diturunkan. Demikian pula dengan ganda campuran. Ganda putri Indonesia sedikit memiliki kelebihan karena amunisi Denmark di partai ini tidak begitu mencolok.

Dengan melihat data tersebut, nampaknya Indonesia akan harus ngotot untuk memenangkan partai ganda putri, tunggal putra, dan ganda putra karena peluang kemenangan di tunggal putri dan ganda campuran masih sangat abu-abu. Denmark sendiri tentunya akan mengerahkan kemampuan total terbaiknya karena Inilah kali pertama mereka melaju ke semifinal lagi setelah enam tahun. Denmark belum pernah sekalipun memegang Piala Sudirman.

Pertandingan semifinal ini akan berlangsung pada pukul 18.00 WIB setelah pertandingan semifinal antara China dan Korea Selatan yang berlangsung terlebih dahulu pada siang harinya. (DC)