Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Perjuangan Penuh, Kemenangan Tipis Korsel
27 Mei 2011
Perjuangan Penuh, Kemenangan Tipis Korsel
 
 

Pertandingan sengit perempat final kejuaraan Piala Sudirman antara Malaysia dan Korea Selatan (Korsel) yang berlangsung kemarin (26/5) memihak pada Korsel yang menang tipis 3-2. Setelah berjuang 3,5 jam akhirnya partai penentuan dimenangkan oleh Korsel lewat rubber game.

Partai terakhir yang dimainkan adalah pertandingan ganda putri antara Ha Jung Eun/Kim Min Jung melawan Wong Pei Tty/Chin Eei Hui. Sedari awal, pertandingan sudah langsung berjalan sengit. Kedua pasangan yang berimbang ini sama-sama mengerahkan segenap kemampuannya untuk membawa negaranya melaju ke babak semifinal.

Game pertama sebenarnya lebih berpihak ke Ha/Kim. Mereka terus memimpin sampai 17-13. Namun kemudian Wong/Chin berusaha mengejar dengan bermain lebih cepat dan menekan lewat smes-smes dan serobotan cepat sehingga Ha/Kim kesulitan dan terkejar, bahkan tersalip sampai 17-19. Sempat mengimbangi lagi di skor 19 sama, namun akhirnya game tersebut jatuh ke tangan Wong/Chin.

Game kedua tidak banyak berbeda dengan yang pertama, hanya saja kali ini setir dipegang terus oleh Wong/Chin sampai pertengahan game saat mereka memimpin 11-9. Namun setelah rehat sebentar, Ha/Kim nampaknya mendapat pengarahan baru dari pelatihnya dan sedikit mengubah permainannya. Tiba-tiba saja mereka sudah mengimbangi 12-12 dan langsung melesat jauh meninggalkan Wong/Chin 15-12. Sempat hampir terkejar, namun Ha/Kim tetap bermain konsisten dan solid sehingga mampu menyelesaikan game tersebut 21-16.

Game perpanjangan pun dimainkan. Ha/Kim terlihat makin bertekad dan “segar” sedangkan Wong/Chin mulai terlihat letih. Walaupun demikian, pasangan Malaysia tersebut tetap berusaha meladeni permainan agresif Ha/Kim dengan juga bermain agresif. Sayangnya, dengna dengan stamina yang sudah tidak prima lagi, mereka malah lebih sering memberi skor gratis kepada Korea karena kesalahan sendiri. Kali ini tidak butuh waktu lama bagi Ha/Kim untuk menang 21-10, dan mengumandangkan kejayaan Korsel melaju ke semifinal untuk bersua China yang kemarin menang 3-1 atas India.

Partai penentuan tersebut berlangsung selama 55 menit, hampir selama partai ganda putra yang mempertemukan Lee Yong Dae/Jung Jae Sung dengan Tan Boon Heong/Hoon Thien How yang akhirnya dimenangkan oleh Tan/Hoon 21-15, 14-21, dan 21-14 lewat perjuangan selama 58 menit. Satu skor lainnya yang diperoleh Malaysia lagi-lagi disumbangkan oleh Lee Chong Wei yang mengandaskan Park Sung Hwan 21-18 dan 21-14.

Hari ini Indonesia kembali bermain. Di babak perempat final ini, merah-putih akan berhadapan dengan Jepang dan diprediksikan akan berlangsung sengit karena Jepang memiliki materi bagus. “Saya lihat Sho Sasaki sempat merepotkan Lin Dan pada babak penyisihan grup,” ujar Direktur Pelatnas Christian Hadinata. Tetapi Manajer tim Piala Sudirman Indonesia Hadi Nazri mengingatkan bahwa permainan atlet-atlet Indonesia juga semakin meningkat setiap harinya.
Pertandingan antara Indonesia dan Jepang hari ini akan berlangsung pukul 18:10 WIB. (DC)