Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Dua Tunggal Putra Di Babak Kedua
24 November 2011
Dua Tunggal Putra Di Babak Kedua
 
 

Dua tunggal putra Indonesia lolos ke babak kedua pada turnamen Li Ning China Open 2011. Dua andalan Indonesia mampu menerobos hadangan pertama pada turnamen yang kini berlabel Premier Super Series. Simon Santoso dan Taufik Hidayat menjadi dua wakil di babak kedua dari empat tunggal putra Indonesia yang berlaga di turnamen yang diselenggarakan di kota Shanghai, China.

Simon SantosoSimon Santoso menjadi pebulutangkis Indonesia pertama yang sukses melewati hadangan awal. Bermain pada sore hari, juara tunggal putra Sea Games 2011 ini menang dua game dari lawannya Brice Leverdez asal Perancis. Simon yang terlambat panas sempat tertinggal di awal game pertama. Pemain Perancis berperingkat 32 dunia ini sempat unggul dengan 7-2 sebelum akhirnya berbalik tertinggal di interval game pertama dengan 10-11. Simon segera bisa menyelesaikan game pertama dengan kemenangan. Game pertama milik Simon dengan 21-16.

Di game kedua, Simon seperti akan menang dengan mudah. Ia banyak membukukan angka kemenangan dari smash kerasnya dan langsung meluncur jauh meninggalkan lawan dengan 16-8. Mendekati akhir game kedua rupanya pemain Perancis mulai memberikan perlawanan. Lambat laun ia mampu mengejar ketertinggalannya menjadi 16-12. Simon yang masih berada di atas angin tak mau berlama-lama dan segera mengambil game kedua dengan 21-15.

Taufik Hidayat, menemani Simon Santoso maju ke babak Kedua. Tetapi butuh perjuangan keras bagi juara Indonesia Open Grand Prix 2010 ini untuk bisa menundukkan pemain China, Lu Yi meski peringkatnya hanya berada pada urutan 134 dunia. Taufik yang mengandalkan smash keras menang di game pertama dengan 21-17. Taufik yang unggul jauh di game kedua dengan 16-8, diluar dugaan terkejar dan menyerah dengan 18-21. Pada game penentuan, angka berjalan sangat ketat. Taufik tak dibiarkan bernafas lega untuk menjauhi pemain China. Taufik yang sempat unggul sebelum pergantian tempat dengan 11-9 ganti tertinggal menjadi 12-14. Di penghujung game kedua, Taufik yang sempat ada pada posisi 19 terlebih dahulu kembali bisa dilewati oleh lawan dengan 20-19. Beruntung Taufik bisa mendapat tiga angka tambahan secara berturut-turut untuk menutup game kedua baginya dengan 22-20.

Perang saudara antar sesama pemain Indonesia terjadi di babak kedua. Dua andalan Indonesia akan beradu kekuatan di babak kedua yang akan dilangsungkan hari Rabu (23/11). Simon Santoso akan menjajal seniornya Taufik Hidayat di babak kedua. Dalam pertandingan resmi, keduanya sudah bertemu sebanyak delapan kali dengan kedudukan akhir masih di pegang oleh Taufik Hidayat 5-3 termasuk kemenangan Taufik atas Simon pada pertemuan terakhir yang terjadi di Malaysia Open Super Series 2011 yang dimenangkan oleh Taufik Hidayat. Pertemuan duo Indonesia ini memastikan satu tiket perempatfinal bagi Indonesia. Dan pemenang dari perang saudara ini kemungkinan akan bertemu dengan peman Denmark Peter Hoeg Gade.

Dua pebulutangkis Indonesia lainnya terhenti di babak pertama. Dionysius Hayom Rumbaka kembali harus menyerah di tangan Chen Jin asal China dengan 15-21, 14-21. Hal yang sama di alami oleh Tommy Sugiarto yang harus terhenti kembali oleh Nguyen Tien Minh dengan 19-21, 19-21. (AR)