Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tontowi/Liliyana Menang Meyakinkan
24 November 2011
Tontowi/Liliyana Menang Meyakinkan
 
 

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasi melaju ke babak 16 besar kejuaraan China Open Super Series 2011 yang berlangsung di Shanghai, China, setelah mengalahkan pasangan Jepang dengan dua game langsung. Denmark menjadi lawan selanjutnya.

Penampilan kami cukup bagus hari ini,” ujar Lilyana tentang pertandingannya kemarin melawan Hirokatsu Hashimoto/Mizuki Fujii. “Kami bermain safe, jadi lawan mengikuti irama permainan kami dan tidak berkembang.”

Sepanjang pertandingan yang berlangsung selama 23 menit tersebut, Tontowi/Liliyana memang mendominasi jalannya pertandingan. Mereka tak memberi peluang sedikit pun bagi lawan untuk menyetir. Smash-smash tajam Tontowi serta Liliyana akhirnya memporak-porandakan formasi lawan yang akhirnya menyerah 12-21 dan 11-21.

Hari ini, pasangan nomor satu Indonesia tersebut akan berhadapan dengan pasangan Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Walaupun Thomas/Kamilla bukan unggulan, tetapi jejak rekam mereka tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan pasangan Denmark ini pernah menduduki peringkat satu dunia pada awal tahun ini. Thomas/Kamilla lolos dengan kemenangan tipis 12-21, 21-11, dan 23-21 atas Shintaro Ikeda/Reiko Shiota (Jepang).

Rijal/DebbyTontowi/Lilyana menjadi satu-satunya harapan Indonesia di partai ganda campuran karena dua wakil lainnya, Nova Widianto/Vita Marissa serta Muhammad Rijal/Debby Susanto kandas kemarin. Nova/Vita kalah tipis 19-21 dan 20-22 atas pasangan unggulan kelima asal Taipei, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing, sedangkan Rijal/Debby kalah 17-21 dan 16-21 dari pasangan India, Diju Vilayaveetil/Jwala Gutta.

Sejauh ini, empat unggulan utama masih bertahan. Hanya Xu Chen/Ma Jin yang sempat dipersulit oleh Ko Sung Hyun/Eom Hye Won (Korsel) sebelum menang 15-21, 21-6 dan 21-16. Namun dua pasangan beremblem unggulan terjegal kemarin. Unggulan keenam asal Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam kalah 16-21 dan 11-21 dari pasangan yang lolos dari kualifikasi asal tuan rumah, Tao Jiaming/Huan Xia; sedangkan unggulan kedelapan asal Korsel, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun kalah tipis 21-17, 9-21, dan 18-21 dari pasangan Denmark, Mads Pieler Kolding/Julie Houmann.

Kejutan lain datang dari kemenangan Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman) atas Danny Bawa Chrisnanta/Vanessa Neo Yu Yan (Singapura), serta Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) yang mengalahkan pasangan senior Inggris, Chris Adcock/Imogen Bankier.

Dengan beberapa kejutan yang terjadi, babak 16 besar ganda campuran China Open ini pun terlihat semarak. Enam belas slot dijejali oleh pasangan-pasangan dari 10 negara berbeda. Terbanyak masih China dengan empat wakil, disusul oleh Denmark (tiga wakil). (DC)