Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > China Rebut kembali Piala Uber
27 Mei 2012
China Rebut kembali Piala Uber
 
 

Setelah dua tahun lalu Piala Uber berada di negeri Ginseng, Korea Selatan, Kali ini tim uber China mampu merebut kembali piala lambang supremasi kejuaran beregu  wanita di hadapan publiknya sendiri. Tanpa ampun, tim Uber China mencukur tim Uber Korea Selatan dengan 3-0 pada babak final yang berlangsung pada hari Sabtu (26/5).

Pemain putri nomor satu dunia Wang Yihan hampir saja harus menyerah dari tunggal utama Korea Selatan Sung Ji Hyun. Wang Yihan yang menjadi juara tunggal putri Indonesia Open Super Series Premier 2011 lalu ini sempat memberikan angin segar untuk tim China setelah selalu bisa menjadi pemimpin pada perolehan angka. Momentum kemenangan yang ia ciptakan dari awal game pertama tiba-tiba berubah. Pemain Korea Selatan yang tertinggal tipis 12-14 diluar dugaan mampu membalikkan keadaan. Hanya dalam satu kali service, tunggal Korea Selatan yang menempati peringkat 11 dunia ini mengunci perolehan angka tunggal China dan langsung bisa menutup game pertama dengan 21-14.



Sung Ji Hyun gagal mengakhiri game kedua padahal ia sudah menyentuh angka 20 terlebih dahulu sementara Wang Yihan masih berkutat pada angka 16. Seolah ingin membalas kekalahan di game pertama, Wang Yihan bisa mendapatkan 6 angka berturut-turut dan langsung menutup game kedua dengan 22-20 sekaligus menciptakan perpanjangan game.
Di game ketiga, tunggal putri China sudah tak tertandingi. Dalam waktu singkat Wang Yihan bisa menyumbangkan satu angka kemenangan untuk tim Uber China setelah menang dengan 21-13 atas Sung Ji Hyun.



Yu Yang/Wang Xiaoli tak membiarkan ganda Korea Selatan Kim Min Jung/Ha Jung Eun untuk berkembang. Ganda putri nomor satu dunia ini sadar betul kemampuan ganda Korea Selatan yang pernah mengalahkan mereka pada kejuaraan Victor Korea Open 2012 lalu. Sejak game pertama di mulai ganda China ini tak pernah berhenti untuk menyerang. Mereka pun menang dua game langsung tanpa balas dengan 21-15, 21-13 sekaligus membuat tim Uber China unggul 2-0.

Wang Xin menjadi penentu kemenangan tim Uber China atas Korea Selatan. Pemain Kidal berperingkat dua dunia ini mampu mengalahkan tunggal Korea Selatan Bae Youn Joo yang biasanya menjadi kuda hitam bagi pemain putri lainnya. Di game pertama tunggal China ini menang mudah dengan 21-10. Di game kedua meski sempat mendapat perlawanan dari pemain Korea Selatan, tetapi akhirna ia bisa merebutnya dengan 21-16. Kemenangan Wang Xin dari Bae Youn Joo di membuat tim China unggul 3-0 dari tim Korea Selatan. Penonton yang memadati Wuhan  Sports Gymnasium Center menyambut dengan gegap gempita kemenangan China atas Korea Selatan. Dengan demikian China sukses membalas kekalahannya yang mereka alami dua tahun silam. (AR)

Hasil Final

Wang Yihan – Sung Ji Hyun : 14-21, 22-20, 21-13
Yu Yang/Wang Xiaoli - Kim Min Jung/Ha Jung Eun : 21-15, 21-13
Wang Xin : Bae Youn Joo : 21-10, 21-16.