Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Dari Korea Menuju Malaysia
14 Januari 2013
Dari Korea Menuju Malaysia
 
 

Pagelaran ajang super series pertama tahun ini sudah berakhir. Korea Open Super Series Premier yang menjadi ajang pembuka hanya memberikan satu tempat sebagai semifinalis bagi Indonesia melalui pemain tunggal putra Sony Dwi Kuncoro.  Sementara pemain lainnya tertahan sebelum semifinal.

Dari hasil final Korea Open Super Series Premier yang berlangsung kemarin (13/10), tiga negara berhasil meraih gelar juara. Tuan rumah unggul di ganda putra melalui Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun dan tunggal putri melalui Sung Ji Hyun. Negara kuat China meraih dua gelar melalui partai all Chinese final di ganda putri dan ganda campuran. Zhang Nan/Zhao Yunlei menjadi juara setelah mengalahkan Chen Xu/Ma Jin di ganda campuran, sementara Yu Yang/Wang Xiaoli menang dari Ma Jin/Tang Jinhua di ganda putri. Satu nomor tersisa milik Lee Chong Wei dari Malaysia yang mengalahkan pemain China Du Pengyu di final tunggal putra.

Pekan ini pebulutangkis dunia beralih ke Malaysia Open Super Series yang akan berlangsung di Kuala Lumpur mulai besok, 15 Januari sampai dengan 20 Januari 2013. Sebagian besar pemain Indonesia yang berangkat ke Korea, kembali tampil di Malaysia. Di tunggal putra, Indonesia mengikutsertakan Sony Dwi Kuncoro, Taufik Hidayat, Tommy Sugiarto, Alamsyah Yunus dan pemain PB Djarum Andre Kurniawan Tedjono. Andre harus berjuang dulu di babak kualifikasi untuk menyusul rekannya yang lain di babak utama.

Di tunggal putri, Indonesia hanya menyertakan dua pemain yakni Adriyanti Firdasari dan Lindaweni Fanetri. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Bona Septano/Afiat Yuris Wirawan, Yonathan Suryatama/Hendra Aprida Gunawan, Markis Kido/Alvent Yulianto dan Angga Pratama/Rian Agung Saputra, akan menjadi andalan Indonesia di ganda putra. Bagi Angga/Rian, turnamen ini akan mereka canangkan sebagai perbaikan dari penampilan mereka sebelumnya.

“Target terdekat kami masuk 10 besar dunia dulu, semoga hasil di Malaysia Open ini cukup bagus. Tahun ini kami ingin jauh lebih baik lagi dari tahun lalu,” tutur Angga seperti yang dilansir dari web PBSI.

Sementara di nomor ganda putri, Indonesia menampilkan pasangan Meiliana Jauhari/Greysia Polii, Pia Zebadiah Bernadeth/Rizky Amelia Pradipta, Vita Marissa/Variella Aprilsasi dan Della Destiara/Suci Rizky Andini. Kekuatan ini sama persis seperti yang turun di Korea.

Indonesia menyimpan ganda terbaik di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Pasangan ini batal diturunkan di Malaysia. Namun Indonesia menurunkan pasangan keduanya Muhammad Rijal/Debby Susanto yang di dampingi Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Akan tampil pula pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth, pasangan Alvent Yulianto/Rizky Amelia Pradipta dan Praveen Jordan/Vita Marissa.

Dengan skuat yang ditampilkan di Malaysia dan kekuatan lawan yang tampil, maka peluang Indonesia untuk meraih gelar juara cukup berat. Nomor ganda putra terlihat lebih berpeluang dari empat nomor lainnya. Semoga tim Indonesia meraih hasil yang lebih baik di Malaysia.