Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [All England Super Series Premier 2013] Ahsan/Hendra Ke Babak Kedua
07 Maret 2013
[All England Super Series Premier 2013] Ahsan/Hendra Ke Babak Kedua
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Ajang bergengsi All England Super Series Premier 2013 sudah memulai babak pertamanya kemarin (6/3). Banyak kejutan terjadi dengan tumbangnya para unggulan. Namun sejauh ini di sektor ganda putra belum banyak kejutan berarti, hanya saja kabar bahwa Cai Yun/Fu Haifeng mengundurkan diri dari laga, tentu membawa angin segar bagi pasangan Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda Suwardi yang dengan otomatis melaju ke babak kedua tanpa harus berkeringat.

Sementara itu juara Malaysia Open Super Series 2013, Mohmmad Ahsan/Hendra Setiawan dipaksa bertarung ketat atas ganda China, Zhang Nan/Chai Biao. Di game pertama, Ahsan/Hendra sebetulnya bisa mengendalikan laju pertandingan. Mereka stabil memimpin perolehan angka, bahkan sempat unggul cukup jauh 15-10 sampai kedudukan 18-16. Seakan kehilangan fokus, mereka balik kehilangan lima angka berturut-turut dan akhirnya kalah 18-21.

“Ini pertandingan pertama, jadi kami masih menyesuaikan diri dan banyak pukulan yang belum pas,” kata Ahsan seperti dilansir badmintonindonesia.org

“Di awal-awal kami masih kesulitan blocking di depan net, setelahnya kami mengubah permainan dengan mempercepat bola-bola depan dan berhasil,” ungkap Hendra menambahkan. Game kedua tak kalah ketat tertinggal 9-11 di interval, pasangan yang diduetkan usai Olimpiade London ini berhasil menyusul ketertinggalan dan menyamakan kedudukan di angka 11. Setelah itu, mereka mampu memimpin dan bahkan menyentuh game point di kedudukan 20-17. Kejadian seperti game pertama hampir terjadi, namun kali ini mereka "hanya" kehilangan tiga angka dan skor imbang 20-20, untuk kemudian mereka tutup game kedua ini dengan 22-20. Game ketiga seakan menjadi antiklimaks rival mereka. Ahsan/Hendra seakan tak mendapat perlawanan berarti seperti di dua game sebelumnya Mereka unggul jauh 17-9, dan akhirnya menutup pertandingan ini dengan 21-14. Di babak kedua sendiri, Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan ganda Taipei, Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin. Mereka mengalahkan ganda gado-gado asal Inggris/Skotlandia, Marcus Ellis/Paul Van Rietvelde dua game langsung 21-15 dan 21-14. Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua pasangan ini, diatas kertas Ahsan/Hendra yang mendapat dongkrakan rangking pasca menjadi juara di negeri Jiran tentu menjadi lebih diunggulkan. Mereka menduduki ranking 37 sementara sang rival berada di urutan ke 68. Sayangnya langkah Hendra/Ahsan ke babak kedua tak diikuti rekan-rekannya. Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan dan Alvent Yulianto Chandra/Markis Kido harus tersingkir di babak pertama. Yonathan/Hendra dikalahkan Hoon Thien How/Tan Wee Kiong dari Malaysia, 16-21, 12-21, sementara Alvent/Kido menyerah dari pasangan gado-gado Skotlandia-Malaysia, Robert Blair/Tan Bin Shen, 21-17, 19-21, 15-21. (IR)