Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games Myanmar 2013] Hayom Jejakkan Kaki di Babak Final
14 Desember 2013
[SEA Games Myanmar 2013] Hayom Jejakkan Kaki di Babak Final
 
 

Dionysius Hayom Rumbaka semakin mendekatkan diri untuk mempertahankan tradisi emas dari cabang olahraga bulutangkis pada ajang SEA Games Myanmar 2013. Walau sempat mengalami dua kali kekalahan dari pemain Vietnam Nguyen Tien Minh, Hayom bermain pantang menyerah.  Hayom mampu menjaga setiap jengkal lapangannya. Kemenanganpun menjadi milik Hayom yang menang rubber game atas pemain Vietnam yang menjadi unggulan pertama.

Hayom sempat membuat para pendukung Indonesia terdiam ketika ia kalah di game pertama dengan 13-21.

"Pada saat tertinggal, saya sebetulnya sempat pasrah. Saat itu yang ada di pikiran saya adalah jangan membuat kesalahan sendiri. Kalaupun mati, ya karena dibunuh, bukan mati sendiri,"
jelas Hayom seperti yang di utarakan pada website PBSI.

Pendukung Indonesia kembali bisa bernafas lega setelah Hayom menang di game kedua dengan 21-12. Kemenangan dramatis  terjadi di game ketiga. Kedua pemain bersaing ketat dalam pengumpulan angka dan harus melewati deuce setelah keduanya menciptakan angka sama 20-20. Beruntung, Hayom menjadi pemain yang bisa mencapai angka 22 terlebih dahuu dan meninggalkan lawan pada angka 20. Tiket final pun menjadi milik Hayom yang kini menempati peringkat 23 dunia.

"Sebelum bertanding, saya sudah menonton video pertandingan lawan dan tahu kelebihan dan kelemahannya. Bermain lawan Nguyen memang harus siap capek, siap stamina," ungkap Hayom.

Di babak final, Hayom akan bertemu pemain Thailand Tanongsak Saensomboonsuk yang menjadi unggulan ke-2. Pemain Thailand ini lah yang menggagalkan final sesama pemain putra Indonesia. Tanongsak mengalahkan wakil Indonesia lainnya Wisnu Yuli Prasetyo di babak semifinal dengan 17-21, 21-11, 21-12.

Manajer tim bulutangkis Indonesia, Ricky Soebagja menilai jika anak asuhnya memiliki peluang untuk menang di babak final yang akan dimainkan hari ini. “Hayom juga berpeluang untuk menang. Dia punya kualitas permainan yang luar biasa. Tinggal bagaimana dia sendiri, bisa mengeluarkan permainannya atau tidak? Saya sempat bicara dengan Hayom mengenai apakah dia percaya akan kemampuan dirinya. Dia bilang iya, jadi saya minta dia tunjukkan kemampuannya dengan sebaik mungkin,” paparnya. (AR)