Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [World Junior Championship 2014] Singkirkan Unggulan, Rian/Rosyita Masuk Perempat Final
16 April 2014
[World Junior Championship 2014] Singkirkan Unggulan, Rian/Rosyita Masuk Perempat Final
 
 

Kejutan di buat oleh paangan ganda campuran Indonesia Muhammad Rian Ardianto/Rosyita Eka Putri Sari. Di babak ketiga, pasangan yang tidak diunggulkan ini, menumbangkan unggulan ke-2 asal Korea Selatan Kim Jung Ho/Kim Hye Jeong.  Setelah bermain ekstra ketat di game pertama dan menyerah dengan 22-24, Rian/Rosyita mampu membalikkan keadaan dan menang di game kedua dan ketiga dengan 21-14, 21-15. 

“Kami bermain nothing to lose, karena lawan yang lebih diunggulkan. Pada pertandingan tadi, Rian mainnya sedang enak, jadi rotasi kami lebih berjalan. Saya bisa ke belakang juga bisa jadi smasher, sementara Rian bisa jaga di depan,” Ujar Rosyita seperti yang di lansir website PBSI.

Enroe Suryanto, pelatih ganda campuran tim World Junior Championsip berpendapat malah pasangan Indonesia semestinya bisa menang straight game. “Kami memang memiliki keyakinan kalau Rian/Rosyita bisa mengalahkan unggulan kedua  ini karena dari kualitas individu sudah bagus. Sebetulnya Rian/Rosyita masih bisa menang straight game. Sayang saat finishing game pertama mereka terlalu terburu-buru,” ujarnya.

Rian/Rosyita melanjutkan kemenangan di babak keempat atas ganda asal Hongkong Shing Choi Yeung/Yi Ting Wu dengan 21-18, 21-14. Kemenangan atas wakil Hongkong membuat Rian/Rosyita mengantongi tiket babak perempat final dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berlaga di babak delapan besar.

Pemain asal PB Djarum, Rosyita Eka Putri Sari juga berhasil menempatkan di ri di babak perempat final nomor ganda putri. Bersama dengan Apriani, Rosyita melenggang ke babak delapan besar usai menundukkan pasangan Korea Selatan Kim Hye Jeong/Kog Hee Yong yang merupakan unggulan [5/8]. Kemenangan dua game di dapat Rosyita/Apriani dengan 21-18, 21-16. Untuk bisa mencapai babak semifinal pasangan Indonesia yang di unggulkan di posisi [9/16] ini harus bisa mengalahkan unggulan ke-2 asal Thailand Pacharapun Chochuwong/Chanisa Teahavorasinskun pada babak perempat final.

Seperti halnya Rosyita, Muhammad Rian Ardianto juga mampu masuk babak perempat final di nomor ganda putra. Ia dan pasangannya, Clincton Hendrik menang rubber game atas unggulan [5/8] asal China He Jiting/Zhao Jian dengan 17-21, 21-13, 22-20. Lawan berat kembali akan di hadapi Rian/Clincton di babak perempat final. Unggulan [3/4] dari Hongkong, Chung Yonny/Yeung Shing Choi  akan coba di hadang Rian/Clincton di babak perempat final.

Di ganda putri hanya tersisa Rosyita/Apriani yang menjadi wakil Indonesia di babak perempat final setelah pasangan lainnya tumbang. Hal yang sama juga di nomor ganda putra. Rian/Clinton kini menjadi sandaran Iindonesia untuk bisa merebut gelar juara ganda putra. (AR)