Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kilas Balik 2014] Fran Kurniawan Teng, Juara Bersama Pasangan Baru
02 Januari 2015
[Kilas Balik 2014] Fran Kurniawan Teng, Juara Bersama Pasangan Baru
 
 

Nama Fran Kurniawan Teng, pemain kelahiran Palembang, 29 tahun silam memang lebih di kenal sebagai pemain spesialis ganda campuran. Ia sempat malang melintang di ganda campuran dunia saat masih berpasangan dengan Pia Zebadiah Bernadet dan sempat menduduki peringkat 8 dunia. Setelah tidak lagi menjadi bagian dari Pelatnas, Fran mencoba bermain dengan pasangan baru.

Ia sempat menggandeng Komala Dewi sebagai partner baru di ganda campuran. Fran/Komala mampu meriah juara Bulgarian International Challenge 2014. Mereka mampu mengalahkan unggulan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja di semifinal dan Max Schwenger/Carla Nelte dari Jerman di final.

Fran/Komala juga menembus babak final pada kejuaraan Bahrain International Challenge 2014. Namun mereka kalah dari unggulan utama asal Rusia Vitalij Durkin/Nina Vislova. Dari turnamen dalam negeri, ia juga bisa menjadi finalis pada Sirnas Jakarta Open 2014.

Fran juga menggandeng partner baru di nomor ganda putra, yakni Agripinna Prima Rahmanto Putra. Penampilan Fran dan Agripinna cukup menjanjikan. Pada pertandingan pertamanya pasangan ini mampu menembus babak final pada kejuaraan Astec Indonesia International Challenge 2014. Beralih ke kejuaraan seri Eropa, prestasi Fran yang masih berpasangan dengan Agripinna terus menanjak. Usai menjadi semifinalis pada kejuaraan Bulgarian International Challenge 2014, Fran menembus babak final di kejuaraan Dutch Open Grand Prix 2014. Pada kejuaraan Bahrain International Challenge 2014 iapun kembali mampu menjadi finalis.

Dari turnamen dalam negeri, Fran sempat berduet dengan dua pemain yang berbeda. Dari kedua pasangan barunya, hanya dengan Afiat Yuris Wirawan ia bisa menjadi juara pada Sirnas Jabar Open 2014. Dengan Muhammad Rijal, ia mampu menjadi semifinalis di kejuaraan Sirnas Jawa Tengah Open 2014.

Sebelumnya di awal tahun 2014, Fran sempat berpasangan dengan Shendy Puspa. Prestasi terbaiknya bersama Shendy ketika menjadi semifinalis di kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2014. Sebelum berpisah, Fran dan Shendy yang sempat bertanding di dalam negeri pada kejuaraan Sirnas Jawa Tengah Open 2014 dan tampil sebagai juara.

Ia pun sempat menggandeng Bona Septano, mantan pasangan Mohammad Ahsan. Di awal tahun 2014 ia sempat mencicipi babak kedua Malaysia Open Super Series Premier 2014. Prestasinya meningkat di dua turnamen berikutnya. Babak perempat final mampu ia tembus di kejuaraan India Open Grand Prix Gold 2014 dan India Open Super Series 2014.

Memasuki tahun baru 2015, Fran akan kembali tampil di pentas bulutangkis dunia. Ia akan memulainya di turnamen Malaysia Masters Grand Prix Gold 2015 pada tanggal 13-18 Januari mendatang. Fran tetap menggandeng Komala Dewi di nomor ganda campuran. Sementara dinomor ganda putra, ia mencoba peruntungan baru bersama Afiat Yuris Wirawan. (AR)