Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2015] Aldira Tantang Chaiwan di Final
10 Oktober 2015
[Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2015] Aldira Tantang Chaiwan di Final
 
 

Alfandy Rikzi Kasturo/Phita Haningtyas Mentari berhasil lolos ke final Blibi.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2015. Mereka berhasil mengatasi wakil Taipei Su Li Wei/Chang Yu Hsuan dengan 21-13 dan 21-9, Indonesia pun kembali berhasil meloloskan satu wakilnya ke partai puncak. Adalah Aldira Rizki Putri yang berhasil memastikan diri untuk tampil di final besok (11/10), usai memetik kemenangan di semifinal yang digelar Sabtu (10/10) siang.

Aldira berjumpa dengan salah satu musuh bebuyutannya di semifinal, Yastina Enggira Setiawan. Berhadapan dengan wakil Indonesia asal Barokah Badminton Club, Aldira sempat tertinggal 8-11 di interval. Ia terus tertinggal sampai akhirnya bisa menyamakan kedudukan di angka 14, dan kemudian balik terus unggul. Aldira pun berhasil menutup game pertama dengan 21-16.

Memasuki game kedua, Aldira terlihat semakin mendominasi laju pertandingan. Ritme permainan berhasil ia kuasai, ia paksa sang lawan untuk mengikuti pola permainannya. Unggul 11-6 di interval, Aldira pun sukses memastikan diri sebagai finalis setelah menang 21-13.

"Di awal game pertama saya masih mencari pola permainan yang pas. Baru setelah interval akhirnya saya bisa menemukan pola permainan yang pas untuk melawan Yasnita dan setelah itu saya mulai nyaman dengan permainan di lapangan," ujar Aldira usai laga.

Di final, Aldira sudah dinanti oleh unggulan teratas sekaligus juara bertahan Chaiwan Pattarasuda. Pemain Thailand itu berhasil melaju setelah membungkam Silvia Ratih,

wakil Indonesia asal Exist dengan dua game langsung 21-10 dan 21-11. "Setelah kemenangan hari ini, saya merasa lebih percaya diri. Tentu saya ingin mempertahankan gelar juara," ujar Chaiwan usai laga.

Dengan melajunya Aldira ke partai final, dirinya sudah melampaui target tetapi ia tak ingin berhenti di sana. Mengantongi satu kemenangan dan satu kekalahan di perjumpaan sebelumnya, Aldira mengaku akan bermain all out. "Saya harus yakin dengan kemampuan saya sendiri, skor pertemuan masih 1-1, masih imbang. Yang penting bisa main maksimal dan tanpa beban, menang kalah itu belakangan," pungkasnya.

Keduanya pernah berjumpa dua kali di ajang Singapore International Youth. Aldira berhasil menang di tahun 2013 silam, sementara Chaiwan mengalahkannya di edisi tahun 2014.