Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Indonesian Masters 2016] Hentikan Jonatan, Bayu ke Babak Ketiga
08 September 2016
[Indonesian Masters 2016] Hentikan Jonatan, Bayu ke Babak Ketiga
 
 

Laga Yonex-Sunrise Indonesian Master 2016 semakin sengit. Kamis (8/9) siang, kejutan terjadi di nomor tunggal putra dimana Muhammad Bayu Pangisthu berhasil menghentikan unggulan empat, Jonatan Christie dalam laga tiga game.

Usai kalah 14-21 di game pembuka, Bayu terlihat lebih bisa menguasai jalan pertandingan di game kedua. Ia hanya mengizinkan Jonatan untuk menyamakan kedudukan diangka 10, setelah itu, Bayu terus memimpin perolehan angka dan meraih tujuh angka beruntun untuk menutup game kedua dengan 21-13.

Kejar-mengejar angka terjadi di game ketiga. Setelah Bayu berhasil unggul 7-3, Jonatan tak tinggal diam dan akhirnya berhasil meraih lima angka beruntun untuk balik unggul 8-3. Skor imbang terus terjadi enam kali beruntun. Sempat kembali tertinggal 13-15, Bayu justru berhasil mencuri empat angka dan unggul 17-15. Skor imbang kembali terjadi di kedudukan 17 dan 19, tetapi akhirnya ermain dengan tempo relatif lambat, Bayu berhasil menutup laga dengan 21-19.

“Di pertandingan tadi saya mencoba untuk melambatkan tempo permainan dan saya berusaha untuk lebih sabar. Saya juga memaksakan untuk terus berusaha menurunkan bola agar Jonatan tidak bisa memiliki kesempatan untuk menyerang. Meskipun memang tadi di game pertama saya masih banyak memberikan dia kesempatan untuk menyerang,” ujar Bayu usai laga.

Laga “Perang saudara” yang digelar di Dome, Balikpapan ini menjadi laga ketiga mereka berjumpa di turnamen internasional Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Mereka pernah berjumpa dua kali dan Bayu belum pernah membukukan kemenangan atas Jonatan yang kini menghuni rangking 22 dunia itu. Ini juga menjadi laga ulangan di Indonesian Masters tahun lalu, kala itu Bayu dipaksa mengakui keunggulan Jonatan dengan 16-21, 21-17 dan 11-21.

Di babak ketiga yang akan digelar sore nanti, Bayu akan berhadapan dengan wakil Tiongkok, Xue Song. Unggulan 15 ini melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Chico Aura Dwi Wardoyo dengan 21-14 dan 21-16.

“Nothing to lose, dan berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik saya,” pungkasnya. (RI)