Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Championships 2021] Loh Kean Yew Bawa Singapura Raih Emas Pertamanya
20 Desember 2021
[BWF World Championships 2021] Loh Kean Yew Bawa Singapura Raih Emas Pertamanya
 
 

Datang dengan tanpa title unggulan, pemain tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, sukses merebut podium tertinggi BWF World Championships 2021. Loh sukses menciptakan sejarah dengan menjadi orang Singapura pertama yang meraih medali emas Kejuaraan Dunia.

Kecepatan kaki dan tangannya mampu menghentikan langkah pemain unggulan dua, Viktor Axelsen dan unggulan tiga, Anders Antonsen dari Denmark. Kemudian di babak final, Loh memupuskan mimpi pemain India, Kidambi Srikanth.

“Saya benar-benar tidak bisa berpikir. Di awal tahun, saya tidak menyangka hal ini akan terjadi. Saya sangat sangat sangat senang,” kata Loh.

Di babak final, Loh berhasil membukukan kemenangan 21-15, 22-20 dalam waktu 43 menit. Loh tampil dengan serangan yang baik sejak game pertama. Di sisi lain, Kidambi cukup kewalahan mengatasi Loh dan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri.

“Srikanth adalah pemain menyerang yang hebat, saya harus bersiap untuk bertahan dengan baik. Tidak mudah menangani tekanan. Saya hanya mencoba menenangkan diri. Saya berhasil tetap sabar. Bangkok (Asian Leg) adalah kebangkitan setelah tidak memiliki banyak kompetisi, itu memberi tahu saya bahwa saya jauh dari pemain top. Sehingga memotivasi saya untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk Olimpiade. Setelah itu saya berlatih dengan Viktor (Axelsen) dan mendapatkan pengalaman dan saya sangat senang bisa mencapainya,” ungkap Loh.

Kidambi menyesali ketidakmampuannya untuk menangkap peluang, tetapi ia memuji lawannya karena menjaga tekanan sepanjang pertandingan.

“Saya memiliki peluang di kedua pertandingan. Saya memimpin dengan baik di game pembuka. Secara keseluruhan, saya tidak bisa menyelesaikannya, tetapi dia bermain sangat baik. Terkadang hal-hal ini terjadi. Saya mencoba untuk bertahan di pertandingan, dan itu berhasil di game kedua,” ungkap Kidambi.

“Terakhir kali saya bermain dengannya adalah empat tahun lalu, itu waktu yang sangat lama. Dia telah matang sebagai pemain, dan dia melakukannya dengan sangat baik,” kata Kidambi lagi. (NAF/BWF)

Foto: Twitter @reallohkeanyew