Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2022] Jonatan Menang, Indonesia Pastikan Satu Tiket Final
29 April 2022
[Badminton Asia Championships 2022] Jonatan Menang, Indonesia Pastikan Satu Tiket Final
 
 

Satu tiket final dipastikan Indonesia setelah kemenangan Jonatan Christie di babak perempat final Badminton Asia Championships 2022. Sebab di semifinal, Jonatan akan berhadapan dengan Chico Aura Dwi Wardoyo yang sudah mengamankan tiket semifinal terlebih dahulu.

Pertemuan Jonatan dengan Chico di Muntinlupa Sports Complex, Manila, besok (30/4), merupakan yang kedua kalinya di lapangan pertandingan. Keduanya pernah bertemu sebelumnya di Indonesia Open 2021, Jonatan menang 21-11, 21-12 kala itu.

"Yang pertama Puji Tuhan bisa lolos ke semi final untuk pertama kali di Kejuaraan Asia ini," kata Jonatan dalam rilis PBSI. "Lawan Chico ya sudah sama-sama saling mengenal. Kami latihan bareng, bertemu di turnamen resmi juga sudah pernah. Dia luar biasa improve-nya," ujar Jonatan.

Sebelumnya di perempat final, Jonatan mengalahkan juara dunia 2021, Loh Kean Yew (Singapura) dengan skor 22-20, 23-21. Ini menjadi kemenangan kelima beruntun Jonatan atas Loh.

"Pastinya tidak mudah melawan Loh yang notabene adalah juara dunia. Rekor pertemuan saya yang unggul juga tidak bisa dijadikan patokan karena dia pasti ada perkembangan. Jadi tadi tidak membuat saya lebih percaya diri," ungkap Jonatan.

"Hari ini saya coba bermain maksimal dan menikmati pertandingan. Fokus juga memegang bola depan untuk mencari serangan. Tadi di game kedua saya sedikit kurang tenang. Setelah unggul 19-16 malah tersusul dan setting. Saat setting saya mencoba untuk maksa menyerang lagi," jelas Jonatan.

Sayang langkah Jonatan dan Chico gagal diikuti Anthony Sinisuka Ginting. Anthony menyerah dari pebuluangkis China, Weng Hong Yang dengan skor 13-21, 21-16, 11-21.

Pelatih tunggal putra Irwansyah mengomentari kekalahan Ginting tersebut.

"Sebenarnya permainan Ginting sudah bagus, hanya memang masih ada beberapa keraguan dalam mengambil keputusan. Di samping itu lawan memang sedang on fire," kata Irwansyah.

"Saya cukup puas dengan penampilan Ginting di turnamen ini. Dia sudah mulai menemukan lagi pola main yang kita inginkan. Ke depan saya berharap perfirmanya bisa terus membaik," tutup Irwansyah. (NAF)