Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2022] Yarits & Radithya Petik Pelajaran Berharga
02 Desember 2022
[Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2022] Yarits & Radithya Petik Pelajaran Berharga
 
 

Dua tunggal putra U15 yang bertanding di babak perempat final Toyota Gazoo Racing Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2022, Radithya Bayu Wardhana dan Yarits Al Kaaf Rengganingtyas harus mengalami kekalahan dari lawan-lawannya.

Berhadapan dengan unggulan dua Lee Yu Jui (Taiwan), Jumat (2/12), Yarits sempat membuka peluang dengan kemenangan di game pertama 22-20. Sayang di game kedua setelah terus unggul, Yarits tertikung lawan, menjadi 18-21.

Game penentu berlangsung lebih ketat dari awal hingga akhir. Namun akhirnya keberuntungan belum berpihak pada Yarits. Ia kalah di game ketiga dengan skor 20-22.

“Saya tadi mengubah permainan sendiri dan buru-buru ingin mematikan lawan. Harusnya saya bisa main lebih sabar. Tapi saya justru kepancing lawan. Nyesek banget sebenarnya, harusnya bisa menang malah kalah,” kata Yarits.

Sementara Radithya terhadang oleh wakil India, Tankara Gnana Dattu. Ia kalah rubber game dengan skor 11-21, 21-13, 11-21. Radithya mengakui lawannya tersebut memiliki permainan net dan belakang yang bagus. Di sisi lain ia cukup mengalami kesulitan dalam penguasaan lapangan dengan angin yang berhembus kencang.

“Lawan tadi netnya bagus, bola belakangnya juga bagus. Saya tadi kurang menguasai keadaan, karena angin di lapangan juga cukup kencang,” ujar Radithya.

Meski sudah harus kalah di perempat final, Yarits dan Radithya mengaku banyak mendapat pelajaran berharga. Apalagi ini merupakan turnamen pertama mereka yang diikuti di luar negri.

“Di sini suasananya baru. Saya belajar banyak dari lawan-lawan dari berbagai negara. Ini jadi pelajaran buat saya, kedepannya harus cepat menguasai keadaan dan menangkap kebagusan lawan dengan cepat,” kata Radithya.

“Ini pertama saya turnamen ke luar negri. Lumayan mesti penyesuaian. Tapi jadi tahu persaingan di sini cukup ketat. Biasanya di nasional sudah hapal dengan permainan lawan, ini dapet pengetahuan baru lagi. Semoga dengan pengalaman ini saya bisa banyak belajar dan nanti di Pathumthani bisa juara,” ujar Yarits.

Setelah ini Yarits dan Radithya akan kembali bersiap untuk turnamen berikutnya di Thailand juga. Mereka akan ambil bagian pada Pathumthani Junior International Series 2022 pekan depan. (NAF)