Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2023] Rinov/Pitha Amankan Posisi ke Delapan Besar
27 April 2023
[Badminton Asia Championships 2023] Rinov/Pitha Amankan Posisi ke Delapan Besar
 
 

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil mengamankan posisinya ke babak perempat final Khiladix.com Dubai Badminton Asia Championships 2023 powered by Floki, Kamis (27/4). Mereka mengalahkan Natsu Saito/Hiroki Midorikawa (Jepang) melalui rubber game 21-12, 16-21, 21-13. Kemenangan Rinov/Pitha kali ini menambah catatan keunggulan mereka dari lawan menjadi 3-0.

“Alhamdulillah hari ini bisa main lumayan maksimal cuma ada beberapa kesalahan di lapangan. Kondisi kami secara teknis dan non-teknis sudah semakin membaik walau saya masih ada recovery cedera di bahu kanan. Tapi semua terus berjalan ke arah yang terus positif,” ungkap Rinov.

“Motivasi kami ingin mencari hasil yang maksimal dengan menampilkan yang maksimal juga di sini,” lanjutnya.

Membuka laganya di game pertama, Rinov/Pitha berhasil mengontrol permainan dengan baik. Mereka berhasil unggul dan terus memimpin poin dari awal hingga akhir game pembuka.

Pertandingan berubah lebih ketat memasuki game kedua. Rinov/Pitha yang unggul di awal akhirnya harus tersusul dan kalah 16-21.

Tak mau mengulangi kesalahan yang sama, di game ketiga Rinov/Pitha berusaha membalikkan pola permainan mereka seperti game pertama. Usaha mereka pun membuahkan hasil. Keduanya akhirnya berhasil menang dengan skor meyakinkan 21-13 di game penentu.

“Di game pertama, kami bisa mengontrol permainan dengan bagus. Di game kedua sampai interval itu mereka mulai mengubah pola permainan jadi kami terlalu lama terbawa irama permainan mereka. Di game ketiga kami mencoba memaksa untuk kembali ke pola seperti game pertama,” ujar Pitha.

“Alhamdulillah bersyukur bisa menembus babak delapan besar. Tahun lalu kami sampai di babak delapan besar juga, jadi pastinya mau hasil lebih tahun ini,” pungkas Pitha usai laganya di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab.

Selanjutnya di babak perempat final, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia). Meski keseluruhan head to head tertinggal 1-3, namun di pertemuan terakhir, Rinov/Pitha lah yang meraih kemenangan. Saat itu mereka menang 21-12, 21-15 di HSBC BWF World Tour Finals 2022. (NAF)