Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open 2024] Fajar/Rian Terhadang di Perempat Final
12 Januari 2024
[Malaysia Open 2024] Fajar/Rian Terhadang di Perempat Final
 
 

Satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Petronas Malaysia Open 2024, harus mengakhiri perjalanannya. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak berhasil mengatasi laganya di perempat final, setelah kalah dari Liang Wei Keng/Wang Chang (China). Fajar/Rian kalah rubber game dengan skor 21-16, 17-21, 18-21.

Fajar/Rian sebenarnya sukses membuka game pertama dengan sempurna. Mereka begitu menguasai jalannya pertandingan, setelah sempat ketat di awal game. Dominasi Fajar/Rian terus terasa hingga pertengahan game kedua. Sayang setelah unggul 11-7, Fajar/Rian justru tersusul menjadi 11 sama.

“Di game pertama kami bisa menguasai pertandingan. Lawan banyak melakukan kesalahan terutama Liang Weng Keng yang beberapa kali defensnya keluar. Di game kedua kami masih menguasai pertandingan sampai interval. Tapi setelah itu kami terlalu terburu-buru ingin mendapat poin yang malah jadi merugikan. Kami kurang kontrol,” jelas Fajar usai laganya pada Jumat (12/1) di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

Pertandingan pun berlangsung lebih sengit dari sebelumnya. Pasangan China secara perlahan membalikkan keadaan, hingga akhirnya Fajar/Rian kalah di game kedua dengan 17-21.

Sukses menyamakan kedudukan di game kedua, Liang/Wang tampil lebih percaya diri di game ketiga. Sebaliknya, Fajar/Rian malah balik tertekan dan tidak bisa berbuat banyak. Mereka kalah dengan skor 18-21 di game penentu.

“Di game ketiga mereka mendapat second win-nya dan kembali percaya diri sehingga bermain lebih in dan kami tidak bisa keluar dari tekanan,” pungkas Fajar.

Di sisi lain, Liang/Wang mengatakan sempat kesulitan dengan permainan Fajar/Rian. Dibanding pertemuan sebelumnya di BWF World Tour Finals 2023, Fajar/Rian kali ini dirasa bermain dengan lebih cepat dan kencang.

Liang/Wang juga mengatakan, turning point mereka terjadi setelah interval game kedua saat Fajar/Rian melakukan kesalahan beruntun. Pasangan China ini pun merasa mendapat angin dan tak menyia-nyiakan kesempatan.

“Mereka hari ini bermain sangat cepat dibanding pertemuan terakhir di WTF. Kami cukup kesulitan. Namun ketika game kedua kami mendapat empat poin beruntun, kami merasa mendapatkan peluang lagi. Kami lebih percaya diri setelah itu,” kata Wang Chang.

Dengan demikian babak semifinal Petronas Malaysia Open 2024 akan berlangsung tanpa wakil Indonesia. Tim Indonesia selanjutnya akan bersiap untuk turun di India Open 2024 yang akan dihelat di New Delhi pekan depan. (NAF)