Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BATC 2024] Raih Kemenangan Sempurna Atas Hong Kong Tim Putri Indonesia Juara Grup X
15 Februari 2024
[BATC 2024] Raih Kemenangan Sempurna Atas Hong Kong Tim Putri Indonesia Juara Grup X
 
 

Hasil cemerlang berhasil diraih oleh tim putri Indonesia di laga terakhir babak penyisihan Grup X pada ajang SELANGOR Badminton Asia Team Championships 2024, Kamis (15/12) hari ini. Menghadapi Hong Kong, tim yang dipimpin oleh sang Kapten, Ribka Sugiarto itu mampu menang telak 5-0. Hasil ini pun memuat tim yang berstatus juara bertahan ini keluar sebagai juara grup.

Kemenangan lebih dulu dipastikan saat unggul sementara 3-0, yakni lewat tunggal putri kedua yang turun di partai ketiga, Ester Nurumi Tri Wardoyo. Menghadapi Yeung Sum Yee, Ester mampu tampil agresif hingga akhirnya menang dengan dua game langsung 21-14, 21-13 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia.

Puji Tuhan bisa meraih kemenangan dan menyumbang poin bagi tim Indonesia. Secara umum penampilan saya hari ini lebih baik dibanding kemarin. Saya bisa mengontrol permainan lawan. Tetapi ada beberapa kali saya masih melakukan kesalahan sendiri. Hanya hal itu tidak membuat fokus saya jadi kacau,” ungkap Ester.

Saat saya turun bermain kondisi Indonesia juga sudah unggul 2-0. Jadi posisi saya saat main lebih tenang dan tidak tegang. Saya kemudian bisa bermain lebih baik dan nyaman,” tambahnya.

Sementara itu ganda kedua yang turun di partai keempat, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto VS Lui Lok Lok/Ng Wing Yung juga tak ingin ketinggalan. Meski sudah tidak menentukan, namun mereka tetap bermain fight dan menang dengan 17-21, 21-15, 24-22.

Kemenangan ini semoga bisa menjadi bekal kami untuk menghadapi pertandingan perempa tfinal besok. Tetapi masih banyak yang harus diperbaiki, yang utama jangan banyak melakukan kesalahan sendiri,” Kata Lanny.

Komunikasi di tengah lapangan pun harus ditingkatkan dan jangan mudah terpancing dengan pola yang dikembangkan lawan. Kami harus bisa bermain dengan pola permainan kami sendiri saja,” tutur Lanny.

“Sebelum kami bertanding Indonesia sudah unggul 3-0. Hal ini membuat kami lebih percaya diri. Setelah teman-teman sebelumnya bisa mendapat poin, kami juga tidak mau kalah menyumbangkan poin,” jelas Ribka.

Pada partai penentu, Stephanie Widjaja tak ingin ketinggalan dan juga meyumbang poin bagi timnya setelah menang dari Liang Ka Wing dengan 21-13, 21-10.

Dengan hasil ini, tim putri Indoneisia keluar sebagai juara Grup X. Belum diketahui siapa lawan yang akan dihadapi pada babak perempat final besok, Jumat (16/2), karena akan dilakukan pengundian dari masing-masing grup.

Berikut hasil pertandingan tim putri Indonesia VS Hong Kong:

Tunggal putri: Putri Kusuma Wardani VS  Lo Sin Yan Happy 21-14, 21-16

Ganda putri: Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi VS Yeung Nga Ting/ Yeung Pui Lam 19-21, 21-10, 21-19

Tunggal putri: Ester Nurumi Tri Wardoyo VS Yeung Sum Yee 21-14, 21-13

Ganda putri: Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto VS Lui Lok Lok/Ng Wing Yung 17-21, 21-15, 24-22

Tunggal putri: Stephanie Widjaja VS Liang Ka Wing 21-13, 21-10

(AH)