Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BATC 2024] Kalahkan Pasangan Nomor Satu Malaysia, Lanny/Ribka Bawa Indonesia Unggul 2-0
16 Februari 2024
[BATC 2024] Kalahkan Pasangan Nomor Satu Malaysia, Lanny/Ribka Bawa Indonesia Unggul 2-0
 
 

Keunggulan sementara 2-0 atas Malaysia diraih oleh tim bulu tangkis putri Indonesia di babak perempat final SELANGOR Badminton Asia Team Championships 2024 hari ini, Jumat (16/2). Berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, poin kedua bagi tim merah putih datang dari ganda pertama yang turun di partai kedua, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto berhadapan dengan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Menghadapi pasangan nomor satu Malaysia yang saat ini menduduki peringkat 14 dunia, Lany/Ribka tampil percaya diri. Unggul 21-14 di game pertama, Lanny/Ribka sempat kehilangan game terlebih dahu di game kedua usai kalah18-21. Namun pada game penentu Lanny/Ribka Kembali tampil fokus hingga akhirnya memastikan kemenangan usai unggul 21-15.

Diakui pasangan peringkat 30 dunia itu senang bisa menyumbang poin bagi Indonesia. Ditambah lagi lawan yang mereka kalahkan lebih diunggulkan.

Alhamdulillah bisa menyumbangkan angka kedua untuk Indonesia. Semoga rekan-rekan yang lain juga bisa melanjutkan dengan memetik kemenangan. Karena saya dan lawan sudah sering bertemu, dari awal saya sudah banyak memberi masukan ke Lanny bagaimana cara menghadapi lawan. Tadi kami bisa menerapkan pola seperti yang kami mau. Dengan pola main pendek dan no lob. Kami tidak meladeni permainan panjang-panjang lawan,” papar Ribka.

Dari awal kami tidak berekspektasi bisa mengalahkan mereka di kandangnya. Bersama Lanny kami hanya bermain nothing to lose saja. Tidak berpikir soal menang atau kalah. Ternyata hasilnya kami bisa bermain enak dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Kalau berekspektasi terlalu tinggi biasanya malah hasil akhirnya tidak sesuai ysng diinginkan,” jelas Ribka.

Sementara itu, Lanny yang baru pertama kali menghadapi Pearly/Thinaah mengaku tidak menyangka bisa langsung mengalahkannya.

Saya pribadi tak menyangka bisa menang lawan mereka. Dari semalam Kak Ribka sudah memberikan masukan seperti apa pola lawan. Semalam saya juga melihat rekaman video permainan lawan. Dari situ tadi kami bermain lebih taktis. Hal itu malah membuat lawan jadi tidak enak. Permainan lawan malah tidak berkembang,” tutur Lanny.

Berikut hasil sementara Indonesia VS Malaysia di perempat final:

Tunggal putri: Putri Kusuma Wardani VS Karupathevan Letshanaa  12-21, 21-18, 13-21

Ganda putri: Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto VS Pearly Tan/Thinaah Muralitharan 21-14, 18-21, 21-15

Tunggal putri: Ester Nurumi Tri Wardoyo VS Wong Ling Ching

Ganda putri: Amallia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose VS Tan Zhing Yi/Teoh Mei Xing

Tunggal putri: Komang Ayu Cahya Dewi VS Siti Nurshuhaini

(AH)