Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Madrid Spain Masters 2024 by Iberdrola] Komang, Ester ke Perempat Final
28 Maret 2024
[Madrid Spain Masters 2024 by Iberdrola] Komang, Ester ke Perempat Final
 
 

Indonesia masih punya harapan dari kejuaraan bulutangkis Madrid Spain Masters 2024 by Iberdrola. Dua tunggal putri Indonesia hari ini (28/3) berhasil mengamankan tiket babak perempat final. Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo akan menjadi asa Indonesia dari kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 300.

Komang bermain baik saat bertemu pemain asal Taiwan Sung Shuo Yun pada babak kedua. Walau memiliki peringkat dibawah Sung, pemain asal PB Djarum ini bisa mendikte lawan. Komang yang berada pada peringkat 57 dunia menang dalam dua game. Ia mengalahkan pemain Taiwan berperingkat 30 dunia dalam waktu 34 menit dengan skor 21-11, 21-14.

Ester tak kalah apiknya. Ester menghempaskan unggulan kedelapan asal Vietnam Nguyen Thuy Linh juga dalam dua game 21-12, 21-15. Padahal pekan lalu saat kejuaraan Yonex Swiss Open 2024 Ester harus menelan kekalahan dalam rubber game dari lawan yang sama. Kemenangan di Madrid, Spanyol langsung merubah rekor pertemuan menjadi imbang 1-1.

Di babak delapan besar yang dimainkan besok (29/3), Komang harus berjuang lebih keras lagi. Pasalnya lawan yang akan dihadapi pernah mengalahkannya sebanyak dua kali. Pornpicha Choeikeewong pemain asal Thailand akan ditemui oleh Komang di babak delapan besar. Pemain asal Thailand yang ada di peringkat 43 dunia memang kerap menjadi penghalang bagi Komang. Pertama kali Komang kalah di kejuaraan Victor Denmark Masters 2022. Lalu di kejuaraan Korea Masters 2023 lagi-lagi pemain ini yang menggagalkan ambisi Komang. Pemain ini pula yang mengalahkan tunggal putri terbaik Kanada, Michelle Li pada babak kedua.

Ester juga harus mengeluarkan seluruh kemampuannya saat menghadapi pemain Korea, Kim Ga Eun yang menjadi unggulan ketiga. Secara peringkat, jelas pemain Korea lebih diunggulkan. Berdasarkan peringkat terbaru, Kim sudah berada pada peringkat 13 sementara Ester masih menempati peringkat 38. Bagi kedua pemain, ini merupakan pertemuan pertama.

Sayangnya langkah Putri Kusuma Wardani harus terhenti di babak kedua. Putri kembali dikalahkan oleh pemain asal Thailand Pornpawe Chochuwong. Putri kalah straight game 14-21, 20-22. (AR)