Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [State Denmark Challenge 2024 presented by RSL] Iqbal Lolos ke Babak Utama
08 Mei 2024
[State Denmark Challenge 2024 presented by RSL] Iqbal Lolos ke Babak Utama
 
 

Sejumlah pemain bulutangkis Indonesia terbang ke Denmark untuk mengikuti kejuaraan State Denmark Challenge 2024 yang diselenggarakan di Farum, Denmark. Tidak banyak wakil merah putih yang berlaga pada kejuaraan yang menawarkan hadiah total sebesar USD 15.000,-. Hanya dua tunggal putra dan dua tunggal putri yang ikut serta di kejuaraan ini. Sektor ganda putra dan putri cuma menyertakan satu pasang saja.

Iqbal Diaz Syahputra dan Kho Hendrikho Wibowo menjadi wakil tunggal putra Indonesia yang turun bertanding di Denmark. Hanya masalah peringkat dunia yang memaksa keduanya harus memulai pertandingan dari babak kualifikasi. Keduanya mengawali pertandingan di babak kualifikasi pada hari ini (8/5). Baik Iqbal dan Kho harus menyiapkan stamina yang kuat karena akan menjalani tiga kali pertandingan untuk bisa lepas dari jeratan babak kualifikasi. Sayangnya hanya Iqbal saja yang akhirnya mampu lolos ke babak utama. Iqbal sukses mengemas tiga kemenangan dalam satu hari dari lawan-lawannya. Semua lawan bisa dikalahkan oleh Iqbal hanya dalam dua game saja.

Di babak pertama kualifikasi, Iqbal mengalahkan pemain Singapura Jia Wei Joel Koh dengan hasil tipis 21-19, 21-19. Di babak kedua, Iqbal menaklukkan pemain asal Denmark Alexander Pedersen juga dalam dua game 21-14, 21-7. Kemenangan Iqbal atas wakil India Siddhanth Gupta dengan skor akhir 21-12, 21-15 membawanya ke babak utama.

Kho harus mengubur impiannya dalam-dalam. Ia gagal melewati babak kualifikasi. Padahal di babak pertama ia bisa menghentikan wakil dari Malaysia, Aaron Bai dengan 21-11, 21-7.Di babak kedua ia bisa memulangkan pemain India, Abhishek Yeligar dengan rubber game 21-12, 15-21, 21-16. Gagalnya Kho dipastikan pada babak ketiga kualifikasi. Ia dihentikan pemain asal Prancis Yohan Barbieri dengan 24-22 20-22, 19-21.

Selanjutnya di babak kedua Iqbal akan bertemu dengan unggulan kedelapan asal El Zavador yang menjadi unggulan kedelapan Uriel Francisco Canjura Artiga. Sementara itu sektor lainnya akan dimulai besok (9/5). (AR)