Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [PON XXI Aceh-Sumut 2024] Jawa Tengah Kawinkan Gelar Beregu Putra-Putri
12 September 2024
[PON XXI Aceh-Sumut 2024] Jawa Tengah Kawinkan Gelar Beregu Putra-Putri
 
 

Jawa Tengah sukses mengawinkan gelar beregu putra dan putri di ajang Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut 2024. Di babak final, beregu putra mengalahkan tim DKI Jakarta dengan skor 3-1. Sementara beregu putri menang 3-0 dari Jawa Barat.

“Alhamdulillah di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, cabang bulutangkis Jawa Tengah membuat sejarah baru dengan menyandingkan emas regu putra dan putri. Saya mengapresisai pencapaian ini. Ini semua berkat persiapan dan kerja keras pelatih dan atletnya yang luar biasa. Sehingga performa para atlet bisa konsisten,” kata Basri Yusuf, Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah.

“Tidak kalah pentingnya tim manajer dan ofisial lainnya yang telah bekerja keras tanpa mengenal waktu dalam melayani tim. Saya ucapkan terima kasih kepada PB Djarum atas sumbangsihnya kepada perbulutangkisan Jawa Tengah dan Indonesia. Semoga hasil ini memberikan motivasi untuk terus latihan lebih keras lagi dalam mencapai prestasi dunia,” lanjut Basri.

Kemenangan pertama dipastikan oleh tim beregu putri Jawa Tengah. Bertanding di GOR PBSI Sumut, Kamis (12/9), Aura Ihza Aulia menang dua game langsung dengan skor 21-8, 21-16 dari Laili Dwiyanti Nur Rohmah.

Menyusul kemudian di partai kedua, pasangan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina mengalahkan Farica Abela/Shafa Kaulika Haqe. Setelah bertanding selama 43 menit, Bernadine/Velisha menang 21-15, 21-10 dari lawannya tersebut.

Unggul 2-0 dari Jawa Barat, Sausan Dwi Ramadhani yang turun di partai ketiga pun menuntaskan kemenangan Jawa Tengah. Sausan merebut kemenangan setelah berjibaku selama 77 menit dengan Kanaya Anisya Putri. Sausan akhirnya menang rubber game dengan skor 21-19, 12-21, 24-22.

Sukses tim beregu putri diikuti oleh tim beregu putra. Mohammad Zaki Ubaidillah dkk berhasil memastikan kemenangan atas lawannya di final, tim DKI Jakarta.

Zaki turun di partai pertama. Berhadapan dengan Dewangga Surya Negara, Zaki menang dua game langsung, 21-14, 21-16.

Sayang kemenangan Zaki tak bisa diikuti pasangan Michael Owen/Yuke Gamareza Radjasa. Owen/Yuke tak berhasil dalam mengatasi permainan Ali Faathir Rayhan/Wahyu Agung Prasetyo. Keduanya kalah dengan skot 13-21, 16-21.

Dalam posisi imbang 1-1, tunggal putra besutan PB Djarum, Richie Duta Richardo kembali membuka jalan untuk timnya. Richi menang 21-18, 21-13 dari Rizki Dwi Cahyo, dan membawa Jawa Tengah unggul 2-1.

Pasangan Emanuel Joseph Surya Hartono/Muhammad Voyage Afrisal Mahendra akhirnya menutup perjalanan tim putra Jawa Tengah dengan kemenangan. Emanuel/Voyage menang 21-18, 25-27, 21-19 dalam 77 menit, dari lawannya, Calvin Valentino Sifen Tan/Muhammad Hafizh Deedat Baryadi. (NAF)