Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Li-Ning Hong Kong Open 2024] Ginting Susul Jonatan ke Semifinal
13 September 2024
[Li-Ning Hong Kong Open 2024] Ginting Susul Jonatan ke Semifinal
 
 

Lengkap sudah dua pebulutangkis papan atas tanah air berada di babak semifinal pada kejuaraan Li-Ning Hong Kong Open 2024. Setelah Jonatan Christie sukses mengapatkan tiket babak empat besar terlebih dahulu, selanjutnya giliran Anthony Sinisuka Ginting yang juga bisa merebut satu tempat di babak semifinal. Pemain yang akrab dipanggil Ginting ini melesat ke babak semifinal dengan menghentikan pemain asal Hong Kong, Jason Gunawan dalam rubber game 21-17, 14-21, 21-18.

Kualitas pemain Hong Kong ini memang tidak diragukan lagi. Walau masih berada pada peringkat 56 dunia, ia sudah bisa mendepak pemain-pemain yang sudah lebih dulu wawa wiri di dunia bulutangkis. Sebut saja Chico Aura Dwi Wardoyo yang sudah dua kali dikalahkan. Gintingpun sampai harus mengeluarkan seluruh kemampuanya agar bisa mengalahkannya.

“Pertama bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik dan tanpa cedera. Memang pertemuan pertama dengan Jason, saya sudah berdiskusi bersama pelatih dan apa yang direncanakan berjalan tepat. Hanya mungkin penerapan pertandingan khususnya gim kedua kurang pas. Dia juga belajar dan mempersiapkan strategi untuk melawan saya, kondisinya cukup berubah,” ujarnya kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Di gim ketiga saat unggul, saya malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Selain itu, pola yang saya mainkan masih sama dengan saat sebelum interval padahal keadaan lapangan berbeda. Apa yang harus diantisipasinya masih kurang. Beruntung saat dia menyamakan kedudukan 17-17, saya bisa mendapat poin beruntun sampai match point. Itu karena saya inisiatif untuk lebih agresif di permainan depan,” sambungnya.

Ginting selanjutnya pada babak semifinal besok (14/9), akan bertemu lawan abadinya, Viktor Axelsen. Tercatat sudah delapan belas kali Ginting bertemu dengan tunggal terbaik Denmark saat ini. Sejauh ini Ginting baru bisa mengemas lima kemenangan berbanding 13 kali kekalahan.

Besok bertemu Axelsen pastinya akan ada kembali diskusi dan evaluasi dengan pelatih. Tapi sekarang saya mau fokus recovery dulu,” pungkasnya. (AR)