Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open 2022] Apri/Fadia Tembus Babak Final
02 Juli 2022
[Malaysia Open 2022] Apri/Fadia Tembus Babak Final
 
 

Luar biasa perjuangan pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Bertanding pada babak semifinal di kejuaraan bulutangkis Malaysia Open 2022, pasangan yang biasa disapa dengan Apri/Fadia menghancurkan harapan pasangan dari Korea, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong. Hanya butuh dua game Apri/Fadia menaklukkan ganda Korea berperingkat 12 dunia, 21-14, 22-20.

"Rasanya senang dan bangga, tapi masih ada satu langkah lagi besok. Kita mau terus konsisten dan tidak mau cepat puas," ujar  Apri seperti yang disampaikan kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Di gim kedua tadi kita cuma fokus sama pertandingan. Kita sudah tahu pola permainan mereka dan di saat itu mereka tidak mengubah pola, sementara kita terus cari celah kelemahan mereka, dan akhirnya bisa menang," tambahya.

Bagi Apri/Fadia, ini merupakan final ketiga dalam empat turnamen pertama yang mereka ikuti. Final lain terjadi di SEA Games Vietnam 2021 di mana Apri/Fadia berhasil merebut medali emas dan saat Daihatsu Indonesia Masters 2022 lalu yang berakhir dengan podium runner up.

"Alhamdulillah kita selalu bersyukur dan setiap pertandingan kita mau juara, mau kasih prestasi yang terbaik. Fadia bisa membawa saya sejauh ini, kembali ke final lagi, itu saya juga bersyukur. Kita terus menjaga komunikasi, berusaha semaksimal mungkin dan menata apa yang harus kita perbaiki," tutur Apri.

"Ada rasa tidak menyangka bisa masuk final tiga kali dalam empat turnamen pertama kita. Saya kira bakal pelan-pelan, perlu proses tapi saya juga percaya ini berkat latihan yang sungguh-sungguh karena saya tahu tidak ada usaha yang mengkhianati hasil," kata Fadia.

Di babak final yang akan dimainkan besok (3/7), Apri/Fadia akan bertemu dengan pasangan dari China, Zhang Yu Xian/Zheng Yu. Apri/Fadia pernah sekali bertemu dengan lawan yang sama. Pada babak kedua di kejuaraan bulutangkis Indonesia Open 2022, Apri/Fadia menang dalam laga rubber game. Berharap Apri/Fadia bisa kembali menang dari lawan yang ada di peringkat 33 dunia. Zhang/Zheng meluncur ke babak puncak usai menang dari ganda asal Jepang, Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara dengan rubber game, 11-21, 21-19, 21-17.

"Kita sudah pernah ketemu mereka, jadi sudah sedikit banyak tahu pola masing-masing," pungkas Fadia.

Bagi Apri/Fadia, pasangan yang baru disandingkan, ini merupakan final kedua pada kejuaraan resmi yang termasuk dalam naungan badan bulutangkis dunia. Pertama kali masuk final pada kejuaraan Indonesia Masters 2022. Masa itu Apri/Fadia dikalahkan ganda China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada babak final. Selanjutnya di kejuaraan Indonesia Open 2022, Apri/Fadia dihentikan ganda Korea, Lee So Hee/Shin Seung Chan pada babak perempat final. Apri/Fadia juga menyabet medali Emas pada ajang Sea Games Vietnam 2021.(AR)