Turnamen Nasional
Home > Berita > Turnamen Nasional > [BNI Astec Open VIII 2012] PB Djarum Turunkan Kekuatan Terbaik di Nomor Ganda
08 Oktober 2012
[BNI Astec Open VIII 2012] PB Djarum Turunkan Kekuatan Terbaik di Nomor Ganda
 
 

Astec Open kembali digelar untuk tahun yang kedelapan tanggal 8-13 Oktober 2012 di GOR Asia Afrika, Jakarta. Tahun ini turnamen yang digagas oleh alumni pemain PB Djarum, Alan Budi Kusuma dan istri nya Susi Susanti ini, kembali bekerja sama dengan BNI sehingga turnamen pun berlabel BNI Astec Open VIII 2012. PB Djarum pun akan menurunkan pemain-pemain terbaiknya terutama di sektor ganda.

Kejuaraan ini akan mempertandingkan lima kategori berdasarkan kelompok umur yakni anak-anak, pemula, remaja, taruna dan dewasa ditambah kelompok umur khusus veteran. Sebanyak 1300 peserta dari 150 klub yang berasal dari 15 Pengprov PBSI, siap meramaikan kejuaraan ini. Hadiah total yang diperebutkan peserta. Sebesar 280 juta.

"Lewat kejuaraan ini kami mengharapkan bisa melahirkan pemain-pemain berbakat yang kelak mampu membela nama Indonesia di ajang internasional," ungkap Alan Budi Kusuma

PB Djarum akan menurunkan sejumlah pemain utama nya di nomor ganda. Di nomor ganda dewasa putra, pasangan PB Djarum Rendra Wijaya/Rian Sukmawan ditempatkan sebagai unggulan utama. Unggulan kedua pun berasal dari PB Djarum melalui pasangan Didit Juang Indrianto/Praveen Jordan. Di sektor ini, PB Djarum juga mengandalkan pasangan lainnya yakni Albert Saputra/Darmiko, Rizky Yanu Kresnayandi/Wifqi Windarto, Kenas Adi Haryanto/Seiko Wahyu Kusdianto dan Rangga Yave Rianto/Sigid Sudrajad.

Di nomor ganda taruna putra, PB Djarum menempatkan pemainnya sebagai unggulan kedua melalui juara India Junior International 2012, Arsya Isnanu Ardi Putra/Hantoro. Sementara rekannya yang merupakan runner up India Junior International 2012 mendapatkan posisi unggulan 3/4. Sebagai unggulan kedua pasangan ini mendapat kemenangan bye di babak pertama. Peluang kedua pasangan PB Djarum untuk meraih gelar juara terbuka lebar dengan tidak hadirnya ganda-ganda yunior terbaik Indonesia seperti Edi Subaktiar/Arya Maulana,  Kevin Sanjaya/Rafiddias Akhdan Nugroho dan Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma. Namun persaingan akan tetap sengit terutama datang dari unggulan utama R Eka Fajar Kusuma/Rian Swastedian dari klub Jaya Raya Jakarta.

Tahun lalu, PB Djarum menguasai semua nomor ganda putra yang dipertandingkan. Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto berhasil menjadi juara ganda dewasa putra BNI Astec Open 2011 setelah mengalahkan pasangan senior Tri Kusharjanto/Yonathan Suryatama (Kurmo Sragen/PB Djarum), 21-15, 21-19. Lalu Arya Maulana/Edi Subaktiar menjuarai ganda taruna putra setelah menang atas Ade Yusuf/Rizky Hidayat (Hi Qua Wima Surabaya) 22-20, 21-11 di partai puncak. PB Djarum juga merebut gelar juara ganda remaja putra melalu Arsya Isnanu Ardi Putra/Hantoro yang menang dari Aldo Abdilla/Alfian Sangaji (Jaya Raya Jakarta) 19-21, 21-9 dan 21-19. (HK)