Turnamen Nasional
Home > Berita > Turnamen Nasional > Nostalgia Tontowi Ahmad Saat Meraih Dua Medali Emas PON Riau 2012
28 September 2021
Nostalgia Tontowi Ahmad Saat Meraih Dua Medali Emas PON Riau 2012
 
 

Perjalanan menjadi seorang atlet bulutangkis sukses, tentunya tak mudah begitu saja. Hal tersebut juga dirasakan oleh peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro, Tontowi Ahmad atau yang lebih akrab disapa Owi.

Menurut mantan pasangan Liliyana Natsir itu, banyak tahapan yang harus ia lalui hingga mampu berada di puncak prestasi tertinggi, meraih medali emas Olimpiade. Salah satunya yaitu bisa mendulang prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Sama-sama ajang multi event dan berlangsung setiap empat tahun sekali, dinilai Owi kedua perhelatan olahraga tersebut sama-sama penting dalam perjalanan karirnya semasa menjadi atlet.

"Pastinya setiap karir kan ada tahapan-tahapannya, dan PON salah satu dari tahapan itu disaat merintis karir, saat itu juga pasti ingin merasakan medali PON. Dan alhamdulillah bisa tercapai," ungkap Owi kepada Pbdjarum.org.

Baca juga : [PON Papua XX 2021] Jawa Tengah Targetkan Satu Emas

Owi yang saat itu berpasangan dengan Mohammad Ahsan di ganda putra, sukses membawa tim Jawa Tengah menjadi juara umum cabang olahraga bulutangkis di PON XVIII Riau 2012 silam. Mereka berdua sama-sama meraih medali emas di nomor beregu putra dan ganda putra. Bahkan Owi mampu menambah lagi satu medali perak di nomor ganda campuran bersama Debby Susanto.

"Sangat berkesan bisa bermain di lebih dari 1 sektor, dan juga mendapatkan 2 medali emas dan 1 perak. Bahkan juga sangat berkesan karena salah satu medali emas yang diraih itu bersama Ahsan," tutur Owi pria kelahiran Banyumas, 18 Juli 1987 itu.

Menurut bapak dari dua anak ini, bisa bertanding di PON merupakan kebanggan tersendiri karena bisa membawa nama daerah. Tak hanya itu, PON juga menurutnya bisa menjadi modal kepercayaan diri bagi setiap atlet.

"Bertanding di PON menjadi kebanggaan tersendiri bisa membawa nama daerah. Apalagi ajang 4 tahunan nasional, pastinya bergengsi juga untuk diikuti. PON juga adalah salah satu tahapan penting dalam karir atlet. Menjadi modal kepercayaan diri juga, dan untuk pertandingan-pertandingan international berikutnya," jelas Owi.

Di sisi lain, Owi pun memberikan pesan dan juga motivasi bagi para juniornya yang akan segera bertanding di PON Papua XX 2021.

"Semoga bisa menjaga sportivitas dan tetap menjaga protokol kesehatan. Semoga prestasi di PON bisa menjadi acuan untuk adik-adik bisa berprestasi di tingkat International," pungkas Owi.

Cabang olahraga bulutangkis PON Papua XX 2021 akan berlangsung pada 2 - 13 Oktober 2021 mendatang di GOR Merangin, Jayapura. Sebanyak tujuh medali emas bakal diperebutkan. Dua medali di nomor beregu putra & putri, kemudian lima medali di nomor perorangan tunggal putra & putri, ganda putra & putri, serta ganda campuran. (ah)

Baca juga : [PON Papua XX 2021] Para Atlet Muda Siap Bersaing di PON Papua