Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Kejurnas 2023] Zaki dan Richie Rebut Tiket Semifinal
21 Desember 2023
[Kejurnas 2023] Zaki dan Richie Rebut Tiket Semifinal
 
 

Dua tunggal taruna putra Jawa Tengah, Mohammad Zaki Ubaidillah dan Richie Duta Ricardo akhirnya berhasil merebut tiket semifinal BNI Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI Perorangan 2023. Posisi ini bisa dibilang butuh kerja ekstra buat Zaki dan Richie setelah melewati babak empat dan perempat final pada hari yang sama, Kamis (21/12).

Bertanding di GOR UNJ Kampus B Jakarta, Zaki mengalahkan Herdien Thoriq Batota (DKI Jakarta) pada babak empat, dengan skor 21-15, 21-18. Lolos ke perempat final, Zaki dipaksa bekerja keras saat berhadapan dengan Muhammad Farda Dikri Abdullah (Jawa Barat).

Zaki kalah jauh 9-21 di game pertama. Permainannya sulit keluar dalam mengatasi lawannya. Di awal game kedua, Zaki lagi-lagi tertinggal 0-6 dari Farda. Namun Zaki tak patah semangat. Ia terus berusaha meluncurkan bola-bolanya ke tengah lapangan hingga akhirnya menang 21-13. Masuk ke game terakhir, langkah Zaki juga tak mudah begitu saja. Ia terus dipaksa beradu ketat dengan lawan hingga akhir. Beruntung akhirnya Zaki bisa membuat jarak poin dan menang 21-18.

Kerja keras juga dihadapi oleh Richie sejak babak empat. Richie yang ditantang Jaden Abdullah Usman Putra Ayus (DKI Jakarta) terpaksa bermain rubber game dalam 75 menit. Skor 22-20, 12-21, 23-21 akhirnya menjadi kunci Richie menuju babak delapan besar.

Di babak tersebut, Richie masih belum bisa bernafas lega. Karena Zidane Cahyo Nugroho (Banten) yang menjadi lawannya di perempat final, cukup sulit untuk dikalahkan. Richie lagi-lagi harus beradu dalam tiga game dengan skor akhir 12-21, 21-14, 21-17.

“Rasanya senang karena bisa masuk semifinal di turnamen penting akhir tahun. Kesulitan di pertandingan hari ini, saya banyak kalah tenaga. Selain itu ada kurang fokusnya juga,” kata Richie.

“Kunci kemenangan saya hari ini jangan panik dan bermain lebih tenang. Kalau lagi keadaan susah jangan panik, tapi ladeni saja. Saya juga harus selalu siap dengan pertandingan yang banyak pukulannya,” lanjut Richie.

Selanjutnya di semifinal, Richie akan berhadapan dengan Bismo Raya Oktora (DKI Jakarta). Richie mengatakan tipe permainan Bismo hampir sama dengan dua lawannya hari ini. Untuk itu, ia mengaku akan mempersiapkan diri sebaik mungkin demi merebut kemenangan dari lawan.

“Setelah ini saya mau recovery dan stretching. Saya juga harus menjaga pola makan dan tidur buat menghadapi semifinal besok,” pungkas Richie.

Sayang kemenangan Richie dan Zaki tidak bisa diikuti tunggal dewasa putra, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay. Ikhsan kalah dari Muhammad Hali As Sidiq (DKI Jakarta) dengan skor 13-21, 10-21. (NAF)