Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Graha Padma Walikota Cup 2024] Ajang Unjuk Gigi Bintang Bulu Tangkis Masa Depan
13 Juni 2024
[Graha Padma Walikota Cup 2024] Ajang Unjuk Gigi Bintang Bulu Tangkis Masa Depan
 
 

Turnamen bergengsi Graha Padma Walikota Cup 2024, saat ini sedang berlangsung di The Club Graha Padma Semarang, dan memasuki hari ke-4, Kamis (13/6). Ajang yang dihelat 10-15 Juni itu menyediakan total hadiah Rp167 juta untuk kategori umur U11, U13 dan U15.

Turnamen ini menjadi ajang berkompetisi bagi klub-klub bulutangkis Indonesia karena turnamen ini merupakan salah satu kejuaraan yang masuk dalam kalender nasional dan akan mendapatkan rangking poin nasional. Klub-klub besar di Indonesia terlihat antusias dengan mendaftarkan atlet-atletnya. Di antaranya klub-klub yang selama ini mendominasi turnamen-turnamen nasional seperti PB Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Exist Jakarta, Tangkas Jakarta, Mutiara Bandung, serta beberapa klub besar lainnya.

Sebanyak 17 gelar juara akan diperebutkan para atlet. Nomor tunggal putra dan putri mempunyai pembagian umur terbanyak. Kedua nomor ini akan mempertandingan kelompok umur U11 (usia dini), U13 (anak-anak), U15 (pemula). Sedangkan untuk nomor ganda putra dan ganda putri akan mempertandingan kelompok umur U13 (anak-anak) dan U15 (pemula). Sedangkan untuk sektor ganda campuran hanya akan dipertandingkan di kelompok U15 (pemula).

Penyelenggaraan turnamen Wakilota Cup 2024 ini berbeda dengan tahun lalu yang mempertandingkan semua kategori dari usia dini hingga dewasa. Tahun ini, Walikota Cup fokus mengadakan kompetisi untuk pembinaan atlet – atlet muda mulai dari U11, U13 dan U15.

Total 937 atlet bertanding di turnamen ini dengan perincian 64 atlet untuk kategori U11 tunggal putri dan 104 atlet U 11 tunggal putra. Di kelompok U13, sektor tunggal putri terdapat 91 peserta dan tunggal putra 127 peserta. Sektor ganda Putri U 13, terdapat 21 pasang dan ganda putra 47 pasang. Kelompok umur U 15 yang mempertandingkan semua nomor diikuti oleh kelompok tunggal putri 51 peserta, tunggal putra 81 peserta. Sedangkan sektor ganda putri, ganda putra dan ganda campuran masing-masing diikuti oleh 35 pasang, 52 pasang dan 42 pasang.

Di kelompok U11 putri, akan saling bersaing para atlet dari beberapa klub yang berbeda. Naura Khaira Raya Kharisma (Mutiara Cardinal Bandung) akan berada di unggulan pertama di turnamen ini, disusul Alisha Elmyra Harlen (Exist Badminton Club)  berada di unggulan kedua. Sedangkan unggulan ketiga dan keempat ditempati oleh Kresensia Lembayung Ubung Mering (Champion Kalten) dan Raisya Zhafira Reszaputri (Bima Sakti Jakarta). Sementara itu di kelompok U 11 putra, Muhammad Davin Abrisam (Exist Badminton Club) menempati unggulan teratas. Unggulan kedua, ketiga dan keempat masing – masing ditempati Muhammad Rafa Shirdi (Champion Klaten), Aqila Rifky Pramudia (Champion Klaten) dan Athalla Rizlya Putra (Exist Badminton Club).

Untuk kelompok tunggal anak-anak putri, unggulan pertama sampai dengan empat ditempati pemain PB Djarum yaitu Orizae Ganesha Jofi, Jordana Alexa Mongkareng, Mikha Ribka Kasalang dan Nafla Berly Syakira Al Habsy. Orizae pada Walikota tahun 2023 berhasil mecapai babak semfinal. Prestasi terbaik Orizae adalah menjadi juara Sirkuit Nasional B Riau. Sementara itu unggulan kedua, Jordana membawa bekal sebagai semifinalis Kejurprov PBSI Jateng 2023 dan juara Anugrah Badminton Club Pro Open 2024 untuk bisa naik podium di ajang Walikota Cup ini. Tunggal anak-anak putra juga akan menyuguhkan persaingan menarik di mana unggulan pertama ditempati pemain PB Djarum Ghoffur Dermawan Wicaksono yang merupakan juara Anugrah Badminton Club Pro Open 2024 dan unggulan kedua Muhammad Ahsan (Exist Badminton Club). Sedangkan unggulan ketiga dan keempat dipegang oleh Arka Brahma Madyanto (PB Djarum) dan Muhammad Aldevaro Ardana Gandhi (Gemilang Surabaya).

Beralih ke sektor ganda anak-anak putri, menempati unggulan 1, pasangan Exist Badminton Club, Maharani Faizah Iskandar/ Magdalena Wijayandi. Kemudian pasangan asal PB Djarum, Alisha Artha Amara/ Mikha Ribka Kasalang di unggulan kedua dan unggulan ketiga dan keempat juga ditempati pasangan PB Djarum, Jordana Alexa Mongkareng/ Orizae Ganesha Jofi dan Nafla Berly Syakira/ Hafizah Hasanah Zahra. Ganda anak-anak putra, pasangan Muhamad Revanza Dzulfaizan/ Yogha Rafalitama Ikhsan (Sena Jakarta/ Sankuriang Badminton Club menempati unggulan teratas dan pasangan Muhammad Abrar Sarma/ Ghaisan Alkhalify Afdhal (Exist Badminton Club) menempati unggulan kedua. Untuk kelompok anak-anak, para pemain rata-rata bermain rangkap di tunggal dan ganda.

Persaingan sengit akan terjadi di kelompok pemula (U15). Jihan Alya Ghisani (Mutiara Cardinal Bandung) yang menempati rangking 1 nasional berada di unggulan pertama dan Bethary Dinda Annisa (PB Djarum), peringkat 9 nasional di unggulan kedua. Rekan satu klub Bethary, Masayu Ridfia Abiyu Ariyanto dan Tiyas Anggraeni menempati unggulan ketiga dan keempat. Sedangkan di kelompok tunggal putra, peringkat 2 nasional, King Akbar Arrumi (Exist Badminton Club) berada di unggulan pertama, disusul peringkat 3 nasional, Mochammad Dafvansya Aldziekra Kurniawan (Mutiara Cardinal Bandung) di unggulan kedua. Berada di unggulan ketiga dan keempat, Rafa Ibrahim (Mutiara Cardinal Bandung) dan Revan Adrilleo Saputra (PB Djarum).

Di sektor ganda putri pasangan PB Djarum, menyandang peringkat 2 Nasional, Sayna Claraza Annabiyah/ Michelly Tarlista menempati unggulan pertama. Unggulan kedua, peringkat 5 Nasional, diduduki oleh pasangan Malika Nur Aqilah/ Berlian Indah Pinastika (Exist Badminton Club). Sedangkan unggulan ketiga dan keempat ditempati oleh pasangan PB Djarum, Kalia Rahmadani/Tiyas Anggraeni dan Aqelatul Amaliyah Rahma/ Nur Hafidzah Afifah. Sektor ganda, pasangan Exist Badminton Club, putra Athaya Affan Zaidan/Raynanda Laksmana menempati unggulan pertama, disusul pasangan dari Mutiara Cardinal Bandung,Muhamad Afada Alkhoir/Muhammad Satria Alfarel di unggulan kedua. Unggulan ketiga dan keempat adalah Muhammad Zaid Nur Muzhoffar/Rizki Khoirul Rizal (Jaya Raya Solo) dan Mochammad Dafvansya Aldziekra Kurniawan/ Mochamad Dzaki Alfaris (Mutiara Cardinal Bandung).

Sementara itu di sektor ganda campuran, unggulan pertama dan kedua berasal dari PB Djarum. Mereka adalah Oka Faiq Januar/Nur Hafidzah Afifah dan I Nyoman Devan Kertikea Ryoga Sancaya/ Wilia Renasya. Disusul unggulan ketiga dan keempat, Rhama Madsuba Praduwartha/ Michelly Tarlista (PB Djarum) dan Brian Melvin Indratjaja/ Queen Makayla Fakhira Martin (Exist Badminton Club). Tentu saja, akan terjadi pertarungan sengit di semua nomor yang akan dipertandingkan. Para pemain akan berusaha menampilkan permainan terbaik mereka untuk menjadi yang terbaik. (AH)