Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > [Audisi Umum 2022] Penilaian Seleksi Audisi Lebih Ketat, Begini Tahapannya
18 Oktober 2022
[Audisi Umum 2022] Penilaian Seleksi Audisi Lebih Ketat, Begini Tahapannya
 
 

Tak kurang dari 2.334 peserta bersiap untuk mengikuti seleksi di Audisi Umum PB Djarum 2022. Audisi Umum PB Djarum 2022 berlangsung pada 19-23 Maret 2022 di GOR Djarum Jati, Kudus. Selama lima hari para atlet belia ini akan mengikuti beberapa tahap seleksi yang terdiri dari dua tahap screening, tahap kompetisi, dan akhirnya berhak mendapat tiket untuk karantina selama tiga minggu di asrama PB Djarum.

Ketua Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto, mengatakan Audisi Umum tahun inimenerapkan sistem penilaian yang cukup ketat demi mendapatkan bibit pebulutangkis berkarakter dan berkualitas sesuai kriteria yang ditentukan PB Djarum.

Berbeda dengan Audisi Umum terakhir di tahun 2019, kali ini akan ada dua tahap screening, yaitu bermain lima menit pada 19 Oktober dan bermain 10 menit pada 20 Oktober 2022. Perbaruan ini bertujuan agar kualitas atlet dapat terlihat dengan jelas.

Setelah tahap screening, proses seleksi berlanjut ke tahap turnamen dari tanggal 21 Oktober hingga 23 Oktober 2022. Untuk kategori putra, para semifinalis di kelompok usia U-11 dan U-13 akan masuk ke tahap karantina. Sementara di sektor putri, mereka yang berhak melaju ke tahap karantina adalah yang berhasil masuk ke babak final turnamen.

Proses seleksi pada tahap karantina ini cukup berbeda dibanding audisi umum tahun-tahun sebelumnya, dari yang semula hanya satu minggu menjadi tiga minggu. Selama rentang waktu tersebut, calon atlet PB Djarum akan dinilai melalui tiga aspek yakni tes fisik, tes kesehatan, dan psikotes.

Tes fisik dilaksanakan guna mengukur daya tahan atlet dalam bertanding dan tes kesehatan untuk melihat apakah atlet rawan cedera atau tidak. Sementara psikotes terbagi menjadi dua, yakni tes penalaran untuk mengukur taraf kecerdasan dan tes sosio-emosional sebagai tolak ukur kondisi sosio-emosi atlet dalam memecahkan permasalahan.

Rangkaian tes bagi para atlet tersebut nantinya menjadi salah satu bahan pertimbangan Tim Pencari Bakat untuk meloloskan para atlet sebagai atlet PB Djarum, serta panduan bagi pelatih dalam menyusun program pembinaan.

“Kami berharap dengan berbagai elemen yang diterapkan dari jajaran Tim Pencari Bakat pada Audisi Umum PB Djarum 2022 ini, kami bisa mendapatkan atlet berkarakter yang memiliki bakat dan skill mumpuni sertasemangat juang dan mental sebagai calon juara,” ujar Sigit. (NAF)