Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > [Audisi Umum 2022] Screening Tahap Dua Perketat Penyaringan Atlet
20 Oktober 2022
[Audisi Umum 2022] Screening Tahap Dua Perketat Penyaringan Atlet
 
 

Sebanyak 1.060 pebulutangkis muda bersaing di seleksi tahap dua Audisi Umum PB Djarum 2022. Jajaran peserta itu terdiri dari 336 atlet putra U11, 170 atlet putri U11, 389 atlet putra U13, dan 165 putri U13. Pada tahap ini, Kamis (20/10), para atlet dipantau permainannya selama 10 menit oleh Tim Pencari Bakat. Di fase ini, para peserta dituntut menampilkan performa terbaik agar terpilih oleh Tim Pencari Bakat untuk melangkah ke babak turnamen.

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto mengatakan, screening tahap dua memberikan kesempatan bagi para atlet untuk unjuk kemampuan dengan durasi 10 menit di atas lapangan. Dalam kurun waktu tersebut, kualitas dan bakat si atlet akan dipantau secara menyeluruh baik dari sisi teknik maupun mental. Tahap ini merupakan seleksi yang baru diterapkan pada Audisi Umum tahun ini. Sebelumnya, Audisi Umum hanya memasukkan satu tahapan screening yakni lima menit sebelum para atlet melanjutkan langkah mereka ke fase gugur.

“Setelah tahap screening lima menit, kami berusaha memberikan kesempatan lebih banyak kepada peserta untuk menunjukkan bakat terbaik mereka. Sehingga, kami dapat melihat kemampuan mereka lebih jelas lagi untuk bisa menentukan bakat-bakat yang lolos ke turnamen,” kata Sigit di GOR Djarum Jati, Kudus.

Ia melanjutkan, pada tahap ini Tim Pencari Bakat lebih mendalami berbagai elemen penilaian mulai dari cara bermain dan memukul, footwork, hingga teknik dasar, dan juga memantau daya juang atlet ketika berlaga di tengah lapangan.

“Jadi pada screening kedua ini memang kita perketat supaya memperkecil kecolongan dari screening pertama. Kami berharap agar peserta yang berlaga di turnamen sudah memiliki bekal teknik dan daya juang yang cukup untuk bertanding. Karena di turnamen mendatang, penentuan lolos atau tidaknya ditentukan berdasarkan skor pertandingan,” papar Sigit.

Setelah screening tahap kedua, Audisi Umum PB Djarum 2022 akan berlanjut ke tahap turnamen dari tanggal 21 Oktober hingga 23 Oktober 2022 dan selanjutnya memasuki babak karantina. Untuk kategori putra, para semifinalis di kelompok usia U-11 dan U-13 akan masuk ke tahap karantina. Sementara di sektor putri, mereka yang berhak melaju ke tahap karantina adalah yang berhasil masuk ke babak final turnamen.

“Kami berharap di fase turnamen, peserta bisa lebih memaksimalkan kesempatan yang ada. Kemudian kami memberikan ruang untuk peserta menunjukkan kualitas mereka sebenarnya seperti apa di dalam pertandingan yang utuh karena sudah sistem gugur. Jadi kami bisa melihat semangat juang mereka seperti apa, kemudian keinginan pantang menyerahnya seperti apa, cara bermain seperti apa itu di tahap turnamen akan terlihat,” ujar Sigit. (NAF)