Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Pebulutangkis Terbaik Dunia Belum Bisa Bawa Pulang Piala Thomas
17 Mei 2020
Pebulutangkis Terbaik Dunia Belum Bisa Bawa Pulang Piala Thomas
 
 

Memang saat ini Indonesia menjadi negara terbanyak dalam perolehan gelar juara sebanyak 13 kali pada event bergengsi beregu putra di kejuaraan piala Thomas. Dan terakhir Indonesia menjadi juara di tahun 2002 yang kala itu di final mengalahkan tim Malaysia dengan skor tipis 3-2 bertempat di Guangzhou Tiongkok.

Kini sudah hampir 20 tahun Indonesia belum berhasil merebut kembali gelar juara, perstasi terbaik Indonesia hanya mampu menjadi runner up pada tahun 2010 dan tahun 2016 lalu. Padahal, pada piala Thomas 2010 lalu tim Indonesia diperkuat oleh pebulutangkis juara dunia 2005 Taufik Hidayat dan juara dunia 2007 pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan, namun tetap saja Indonesia belum juga mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebenarnya kesempatan tim Indonesia merebut kembali gelar juara piala Thomas di tahun 2016 terbuka lebar. Namun sayang, nama besar Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan bukan menjadi jaminan. Pasangan peraih tiga gelar kejuaraan dunia itu pun masih belum merasakan atmosfir juara di ajang event bergengsi beregu putra. Tim Indonesia harus puas menjadi runner up usai dikalahkan tim Denmark dengan skor tipis, 2-3.

Bahkan, tim Indonesia yang digandang-gadang menjadi tim terbaik kala di piala Thomas 2018 Thailand juga belum bisa meraih kemenangan dan harus puas hanya menjadi semifinalis. Kala itu tim Indonesia diperkuat oleh pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan juga pasangan terbaik dunia Kevin Sajaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Kini, harapan besar Indonesia kembali kepada Ahsan CS untuk bisa membawa pulang gelar ke 14 ke Indonesia pada piala Thomas 2020 Denmark yang akan bergulir pada bulan Oktober mendatang. (ds)