Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Peringkat Dunia] Axelsen, Zheng/Huang Raih Hasil Tertinggi
12 April 2023
[Peringkat Dunia] Axelsen, Zheng/Huang Raih Hasil Tertinggi
 
 

Kuartal pertama tahun ini mungkin telah menimbulkan beberapa kekhawatiran untuk Viktor Axelsen mengingat penampilannya yang angkuh dalam dua musim terakhir, tetapi pemain Denmark itu berhasil mencapai puncak Peringkat Dunia BWF.

Peringkat terbaru membuatnya memasuki minggu ke-123 sebagai peringkat 1 dunia, lebih tinggi dari pemain tunggal putra aktif lainnya. Pekan lalu, ia melampaui rekor Kento Momota (Jepang) selama 121 minggu dari September 2018 hingga November 2021 sebagai pemain nomor satu dunia – meskipun pemain Jepang itu menikmati tugas yang tak terputus selama periode itu.

Tugas pertama Axelsen sebagai pemain nomor satu dunia berlangsung setahun setelah dia memenangkan Kejuaraan Dunia pertamanya pada tahun 2017, sebelum dia turun sebentar ke peringkat tujuh. Menjadi hampir tak terkalahkan pada tahun 2021, pebulutangkis Denmark itu naik ke peringkat satu sekali lagi pada Desember 2021 dan tidak pernah melepaskan posisi teratas sejak itu. Ia berada dalam minggu ke-72 berturut-turut sebagai pemain nomor satu dunia.

Hasil Axelsen mungkin goyah tahun ini, tetapi penampilannya yang luar biasa dalam periode pemeringkatan 52 minggu, di mana ia memenangkan tujuh gelar, membuatnya mengumpulkan 108.206 poin, lebih dari 30.000 poin di atas Anthony Sinisuka Ginting, yang meraih peringkat tertinggi kedua minggu ini. Pemain Indonesia ini naik satu peringkat dari nomor tiga, bertukar posisi dengan rekan senegaranya Jonatan Christie.

Sama mengesankannya dengan Axelsen, dominasi Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di ganda campuran juga terus terasa. Duo Tiongkok itu kini memasuki pekan ke-157 sebagai nomor satu dunia. Tugas mereka saat ini dimulai pada Desember 2022, tetapi mereka pertama kali mencapai posisi teratas pada Agustus 2018 dan menghabiskan 129 minggu berturut-turut di sana. (NAF/BWF; Foto: BWF)