Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Championships 2021] Viktor Axelsen Gagal Bersinar di Kejuaraan Dunia
14 Desember 2021
[BWF World Championships 2021] Viktor Axelsen Gagal Bersinar di Kejuaraan Dunia
 
 

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen (Denmark), tak berhasil mencapai hasil terbaik di BWF World Championships 2021. Ia harus langsung kalah di babak pertama saat berhadapan dengan Loh Kean Yew (Singapura) dengan skor 21-14, 9-21, 6-21.

Laga ini menjadi kekalahan pertama buat Axelsen dari Loh. Sebelumnya, kedua pemain yang pernah melakukan latihan bersama di Dubai ini sudah empat kali berhadapan. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Indonesia Open 2021 di Bali lalu. Pada saat itu Axelsen menang 21-13, 9-21, 21-13.

“Ini terjadi dengan cara yang sama persis di Indonesia. Tapi kali ini saya lebih siap untuk itu dan bertarung lagi di game ketiga,” ungkap Loh usai laganya di Huelva, Spanyol.

“Saya senang telah menang melawan juara Olimpiade. Saya kalah darinya beberapa minggu yang lalu. Yang pasti dia berada di bawah banyak tekanan dan sangat ingin memenangkan yang ini. Di game kedua saat drift berubah, kualitas tembakan dan kepercayaan dirinya berbeda. Saya hanya mengambil keuntungan dari itu dan berlatih dengannya telah banyak membantu saya,” lanjut Loh lagi.

Pada kesempatan ini, Loh mampu mempertahankan panasnya di game ketiga yang membuat Axelsen melakukan beberapa unforced error yang tidak biasa. Pertandingan berakhir dalam 54 menit dengan kemenangan untuk Loh.

Axelsen mengaku kecewa dengan penampilannya. Namun ia juga memuji permainan Loh yang kali ini dinilai lebih baik.

“Saya kalah, itulah yang terjadi. Saya kalah dari pemain yang lebih baik. Hari ini jelas merupakan salah satu hari di mana tidak ada yang benar-benar datang bersama untuk saya. Begitulah. Saya mencoba melakukan yang terbaik, saya mencoba meningkatkan permainan saya tetapi hari ini tidak,” ujar Axelsen.

“Tidak banyak hal yang berjalan sesuai keinginan saya, dan banyak hal yang berjalan sesuai keinginan Loh. Dia sepenuhnya pantas menang hari ini. Saya tidak benar-benar ingin berdiri di sini dan menangis tentang apa yang bisa saya lakukan secara berbeda. Loh memenangkan pertandingan, saya tidak pantas mendapatkannya dan begitulah adanya,” lanjutnya.

Dengan kekalahan Axelsen, maka babak kedua tunggal putra berlangsung tanpa dua unggulan teratas. Sebelumnya Kento Momota juga memutuskan mundur dari turnamen karena alasan cedera. (NAF/Badminton Europe)