Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Pemain Binaan PB Djarum di Piala Thomas 1984
24 September 2020
Pemain Binaan PB Djarum di Piala Thomas 1984
 
 

Peristiwa di Stadion Negara Kuala Lumpur Malaysia pada tanggal 18 Mei 1984 lalu, memang menjadi saksi bisu saat tim Indonesia berhasil memboyong kembali trofi Piala Thomas kepangkuan bumi pertiwi.

Keberhasilan itu tentunya tak lepas berkat para pahlawan bulutangkis Indonesia untuk mempertahankan tradisi menjadi juara di ajang bergengsi beregu dunia itu. Dan ternyata di balik kesuksesan tim Indonesia merebut trofi kedelapannya itu, ada enam pemain binaan klub PB Djarum yang menjadi peranan penting.

Mereka adalah Liem Swie King, Hastomo Arbi, Hadiyanto, Christian Hadinata, Hadibowo dan Hariamanto Kartono. Lima diantaranya tampil di babak final saat menghadapi salah satu tim kuat yang juga juara bertahan, negeri tirai bambu.

Memang kala itu tak mudah bagi tim Indonesia untuk taklukan tim Tiongkok. Pasalnya, King yang dipercaya turun di partai pertama dan sangat diharapkan memberikan satu angka harus kalah dari tangan Luan Jin.

Justru diluar dugaan, Hastomo yang turun di tunggal ke dua mampu merebut kemenangan dan menyamakan kedudukan. Meski di partai ke tiga lepas, namun tim Indonesia dapat bernafas lega dengan kemenangan yang diraih oleh pasangan Christian/Hadibowo. Skor pun kembali berimbang.

Tak mau kehilangan muka, King yang juga turun di sektor ganda berpasangan dengan Kartono. Akhirnya menjadi penentu kemenangan bagi tim Indonesia atas Tiongkok dengan skor tipis 3-2. (ds)