Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Bernadine, Mempertahankan Keutuhan NKRI Itu Pahlawan
11 November 2020
Bernadine, Mempertahankan Keutuhan NKRI Itu Pahlawan
 
 

Banyak cara mengisi kemerdekaan yang telah direbut oleh para pejuang. Membuat harum nama Indonesia di seluruh pelosok dunia bisa juga dikatakan pahlawan masa kini. Mempertahankan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia juga dapat dikategorikan pahlawan. Itulah kira-kira arti pahlawan masa kini menurut pemain bulutangkis asal PB Djarum Bernadine Anindya Wardana.

“Kalau dulu kan niat mencapai kemerdekaan, kalo sekarang kayanya lebih ke mempertahankan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya mencoba menjelaskan.

Tidak hanya itu, Bernadine juga memiliki pendapat jika mereka yang telah berjuang pada bidang olah raga juga merupakan pahlawan. Apalagi para pejuang olah raga membuat Indonesia lebih bersinar di manca negara. Sigit Budiarto salah satunya. Bagi bernadine, Sigit Budiarto adalah pahlawan. Banyak gelar juara yang ia persembahkan untuk Indonesia. Itulah alasan Bernadine memilih Sigit Budiarto sebagai pahlawan sekaligus panutan baginya.

Sifatnya seperti pahlawan banget. Walaupun dia dulu prestasinya luar biasa, tapi dia tetap rendah hati,” tuturnya.

Selain Sigit Budiarto, ia sangat suka kepada pahlawan wanita Indonesia, RA Kartini.  Berkatnyalah, wanita Indonesia dimasa dahulu bisa sejajar dengan pria.

Dia bijaksana dan pintar dalam pendidikan,” katanya. (AR)