Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Olimpiade Tokyo Mundur ke Tahun 2021
26 Maret 2020
Olimpiade Tokyo Mundur ke Tahun 2021
 
 

Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach bersama perdana menteri Jepang Shinzi Abe akhirnya memutuskan kalau event bergengsi empat tahunan Olimpiade Tokyo 2020 yang sejatinya akan berlangsung pada tanggal 24 Juli hingga 9 Agustus 2020, kini ditunda.

Rencananya, Olimpiade akan tetap terlaksana tak lebih dari musim panas di tahun 2021 mendatang. Meski diselenggarakan pada tahun 2021 tetapi tetap disebut sebagai Olimpiade Tokyo 2020. Melalui pernyataan Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budhiarto mengatakan jika PP PBSI mendukung penuh keputusan itu demi kepentingan bersama.

"Kami akan ikuti  apa yang menjadi keputusan IOC dan BWF, karena saat ini yang penting adalah keselamatan dan kesehatan peserta Olimpiade. Wabah COVID 19 membuat kami semua tidak punya pilihan lagi, harus ikuti prosedur yang sudah ditentukan," kata Achmad Budhiarto dilansir badmintonindonesia.org.

Achmad Budiharto menambahkan kalau keputusan itu dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal.

"Namun tak dipungkiri harus ada banyak penyesuaian juga dari pemain. Harus ada adjustment dengan kondisi perubahan jadwal turnamen, program latihan dan sebagainya," sambungnya lagi.

Achmad Budiharto juga belum tahu dampak dari mundurnya Olimpiade di tahun 2021 mendatang, terhadap sejumlah pebulutangkis Indonesia terkait kualifikasi Olimpiade dan pembekuan rangking dari BWF.

"Kami harus melihat dulu perkembangannya, termasuk jika ada perubahan ketentuan dari BWF terkait kualifikasi Olimpiade dan pembekuan ranking. Secara prinsip, PBSI akan mengirim pemain yang berpeluang besar mendapat medali. Kita tidak tahu keputusan BWF seperti apa nantinya, apakah akan ada hitungan baru lagi. Kami akan sesuaikan, sekarang kami belum bisa berkata bisa ada perubahan atau tidak," tutup Achmad Budiharto. (ds)