Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Bernadine Anindya Wardana] Bangga Dengan Prambanan
16 Oktober 2020
[Bernadine Anindya Wardana] Bangga Dengan Prambanan
 
 

Bernadine Andindya Wardana mungkin menjadi salah satu atlet bulutangkis yang begitu kental dengan kultur jawa. Bernadine besar di Klaten, kota kabupaten yang letaknya tidak jauh dari Yogyakarta. Tidak mengerankan jika ia begitu hafal dengan Candi Prambanan yang merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kota Klaten.

Bernadine mampu menuturkan sejarah panjang dari Candi Hindu terbesar di Indonesia. Kemampuannya ini tidak lain karena ia gemar membaca sejarah dari candi Prambanan.

Saya sudah membaca bukunya,” ujarnya.

Ia dan keluarganya pun suka mengunjungi lokasi wisata. Bernadine merasa Candi Prambanan tidak kalah indahnya dengan Candi Borobudur. Walau ia mengakui lebih banyak wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur.

Mungkin karena sejarah candi Bodobudur lebih panjang jadi pada mau ke Borobudur. Tapi kalo ke sana harus jalan jauh banget,” tambahnya. Walau tidak semegah Borobudur, Bernadine tetap bangga ada candi Prambanan.

Bagi saya, Prambanan wisata yang ramai di Klaten. Jadi kalo ke Jawa Tengah jangan lupa ke Prambanan,” ajaknya.

Semenjak bergabung dengan PB Djarum, Bernadine yang sekarang telah menjadi warga Kudus. Ia menetap di kota Kudus sejak lulus Audisi tahun 2018. Walau demikian ia tidak pernah lupa saat berlatih di klub terdahulu. Apalagi ia merasa potensi putra putri Klaten tidak kalah dengan yang lain.

Rata-rata lumayan bagus dan potensial,” urainya.

Iapun tidak pernah akan bisa melupakan saat-saat mendapat omelan dari pelatihnya di klub Champion Klaten tempat ia menimba ilmu bulutangkis sebelum ke Kudus.

“Pernah waktu itu diomelin sama pelatih,” kenangnya. Tapi omelan dari pelatih tidak lantas membuatnya murung. Justru ia lebih terpacu untuk lebih baik lagi.

Kalo mereka marah, berarti mereka sayang,” tuturnya.

Rasa bangganya kepada Klaten membuat ia bertekad untuk lebih mengenalkan kota kelahirannya.

Buat saya, salah satu caranya adalah dengan prestasi di bulutangkis,” katanya.

“Otomatis kan jadi pada tau kota Klaten,” sambungnya. Untuk merajut mimpinya, Bernadine berharap agar bisa menembus Cipayung.

Pastinya pengen banget ke Pelatnas,” pungkasnya.

Semoga mimpi Bernadine menjadi kenyataan. (AR)