Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Peluang di Ganda Campuran
02 November 2011
Peluang di Ganda Campuran
 
 

Partai ganda campuran menjadi salah satu harapan utama Indonesia untuk merebut gelar di Kejuaraan Dunia Yunior 2011. Hanya saja, perjalanan menuju podium juara terasa susah-susah gampang. Perlu mewaspadai Taipei, Korsel, Malaysia, dan Denmark.

Harapan Indonesia bertumpu pada unggulan pertama juara Asia tahun ini, Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia; pasangan ganda campuran taruna nomor dua nasional Hafiz Faisal/Shella Devi Aulia; unggulan 9/16 Ronald Alexander/Tiara Rosalia Nuraidah; dan Alfian Eko Prasetya/Gloria Emmanuelle Widjaya.

Dari keempat pasangan tersebut, setidaknya dua diharapkan lolos ke perempat final. Mereka yang berpeluang lebih besar untuk melaju ke perempat final adalah Alfian/Gloria yang nampaknya akan bertemu Wang Chih Hao/Chen Pai Jou (Taipei) di babak 32 besar, dan Ronald/Tiara yang nampak akan bersua Wang Chi Lin/Chen Szu Yu (Taipei) di babak yang sama.

Jika kedua pasangan merah-putih tersebut berhasil melewati rintangan Taipei di babak tersebut, maka jalan selanjutnya untuk melaju ke perempat final nampak terbuka cukup lebar.

Selain mereka, jalan dua pasangan lainnya lebih sulit. Lukhi/Ririn tampak akan bertemu Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung (Korsel) di babak 32 besar. Choi memiliki rapor cukup baik selama diturunkan di ganda putra nomor beregu pekan lalu, sehingga perlu diantisipasi dengan baik. Jika Lukhi/Ririn berhasil melewati Choi/Chae, maka tantangan selanjutnya nampaknya akan kembali datang dari Taipei, yakni, Lin Chia Yu/Shuai Pei Ling, atau dari Malaysia, Calvin Ong/Lee Meng Yan.

Lin Chia Yu, Shuai Pei Ling, dan Calvin Ong sama-sama memiliki jejak rekam cukup panjang di dunia internasional untuk level usia mereka. Chia Yu adalah perempat finalis ganda putra di Osaka International Challenge 2011, sedangkan Pei Ling adalah perempat finalis ganda putri di Bulgarian International 2011. Calvin sendiri sudah pernah tiga kali merasakan turnamen sekelas Grand Prix ke atas tahun ini.

Karenanya, siapa pun yang akan ditemui Lukhi/Ririn nampaknya akan tetap mempersulit perjalanan mereka ke podium juara.

Setali tiga uang, Hafiz/Shella pun dikelilingi lawan-lawan tangguh. Mereka kemungkinan akan bertemu Nelson Heg/Chow Mei Kuan (Malaysia) di babak 16 besar. Baik Nelson maupun Mei Kuan memiliki pengalaman yang cukup kental. Nelson adalah juara ganda putra Thailand International Series 2011, sedangkan Mei Kuan adalah juara ganda putri Dutch Junior 2011.

Jika Hafiz/Shella mampu melewati rintangan dari Nelson/Mei Kuan, babak perempat finalnya pun sarat pasangan tangguh. Di antaranya adalah Huang Po Jui/Wu Ti Jung (Taipei), Tam Chun Hei/Yuen Sin Ying (Hongkong), dan Kasper Antonsen/Line Kjaersfeldt (Denmark).
Pertandingan nomor perorangan dimulai hari ini (2/11) pada pukul 07.00 WIB. (DC)