Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tiga Ganda Putra Tembus Perempat Final
29 April 2011
Tiga Ganda Putra Tembus Perempat Final
 
 

Pasangan ganda putra Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan semakin memperbesar peluang untuk berbicara lebih jauh pada kejuaraan Yonex Sunrise India Open Super Series 2011. Pada babak kedua yang dilangsungkan pada hari Kamis (28/9), pasangan berperingkat 42 dunia ini membuat kejutan dengan menumbangkan salah satu pasangan unggulan. Pasangan India Rupesh Kumar/ Thomas Sanave berhasil di gulingkan hanya dalam dua set saja.

Mengawali game pertama kedua pasangan yang baru pertama kali bertemu ini mencoba berinisiatif melakukan serangan. Kedua pasangan tak pernah lepas dari selisih satu atau dua angka saja. Setelah angka sama pada posisi 9-9, pasangan Indonesia bisa mengambil jeda game pertama dengan 11-9. Pasangan Indonesia mulai bisa meninggalkan pasangan India, setelah angka bergerak naik untuk pasangan Indonesia. Namun pasangan India pun tak mau kalah, mereka bisa menyamakan kedudukan menjadi 15-15. Dua kali sesudahnya kedua pasangan ini bisa menyamakan kedudukan sampai 17-17. Di angka kritis, pasangan Indonesia masih bisa unggul dengan 20-18. Setelah memberikan satu tambahan untuk pasangan India, pasangan Indonesia segera mengambil game pertama dengan 21-19.

Sedikit lebih mudah bagi pasangan Indonesia untuk mengalahkan pasangan India ini pada game kedua. Pasangan India hanya bisa membuat satu kali angka kembar pada kedudukan 4-4. Sesudah itu pasangan Indonesia memperlebar angka kemenangan dari pasangan India termasuk saat interval game kedua di rebut pasangan Indonesia dengan 11-6. Dominasi serangan pasangan Indonesia begitu kuat pada game ini. Smes keras yang menjadi andalan pasangan Indonesia mempunyai andil besar pada perolehan angka. Pasangan Indonesia pun mendepak pasangan India dengan 21-12.

Pasangan senior Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga berhasil lolos dari lubang jarum. Unggulan ketiga ini dipaksa bermain tiga game saat menghadapi pasangan dari Malaysia, Mohd Zakry Abdul Latif/Thien How Hoon. Game pertama Pasangan Indonesia ini kalah mudah dengan 12-21. Tetapi di dua game terakhir pasangan Indonesia bisa berbalik unggul dengan 21-15, 21-16.

Perang saudara yang terjadi pada babak kedua antara Mohammad Ahsan/Bosa Septano melawan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra akhirnya dimenangkan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra. Butuh perjuangan selama 40 menit bagi Angga/Ryan untuk bisa mengalahkan unggulan kedua ini. Hasil akhir pun menggambarkan kerasnya perjuangan keduanya. Angga/Ryan menang dengan 16-21, 21-16, 21-15. Dengan hasil ini, head to head keduanya imbang 1-1.

Di tunggal putra, Taufik Hidayat belum terbendung. Pemain India berperingkat 24 dunia, P Kashyap bisa ditundukkannya dengan 21-17, 21-19.

Babak perempat final akan dilangsungkan pada hari Jumat (29/4) pukul 12.00 waktu setempat. Indonesia akan menantang Jepang pada babak perempat final ganda putra. Seluruh ganda putra yang akan bertanding pada babak perempat final, semuanya akan bertemu pasangan Jepang. Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan akan menantang unggulan keempat Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata. Angga Pratama/Ryan Agung Saputra akan bertemu pasangan Jepang lainnya yang lebih di unggulkan yakni Naoki Kawamae/Shoji Sato. Sementara Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan akan menghadapi Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa.

Satu-satunya atlet tunggal putra yang masih bertahan, Taufik Hidayat bertemu kembali dengan pemain Korea Selatan Park Sung Hwan. (AR)