Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Undian Berat Hayom
01 Agustus 2011
Undian Berat Hayom
 
 

Kejuaraan dunia bulutangkis 2011 akan segera dimulai. Inggris, atau tepatnya kota London akan mendapat kehormatan menjadi penyelenggara kejuaraan yang menjadi incaran semua pemain bulutangkis. Stadion Wembley Arena akan menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan yang akan dimulai pada tanggal 8 Agustus 2011.

Di tunggal putra, Indonesia akan mengandalkan tiga pemain terbaiknya. Rombongan tunggal putra di pimpin oleh Taufik Hidayat sebagai pemegang peringkat tertinggi di Indonesia. Pemain tunggal putra asal PB Djarum Dionysius Hayom Rumbaka turut mengisi kekuatan tim Indonesia mewakili Pelatnas bersama dengan Simon Santoso.

Hayom, panggilan akrab Dionysius Hayom Rumbaka, bersama dengan Taufik Hidayat berada pada paruh undian atas. Sedangkan Simon Santoso seorang diri berada pada paruh undian bawah. Posisi Hayom pada undian sangat dekat dengan pemimpin unggulan tertinggi tunggal putra Lee Chong Wei asal Malaysia. Langkah Hayom sebelum bertemu dengan Juara Djarum Indonesia Open Super Series 2011 itu, harus bisa menghentikan pemain Finlandia, Ville Lang di babak pertama. Perbedaan peringkat yang cukup jauh antara keduanya seharusnya tak membuat Hayom harus bersusah payah. Bermodalkan peringkat 22 dunia, di atas kertas semestinya Hayom bisa mengalahkan pemain berperingkat 45 dunia ini. Ujian berat akan dihadapi finalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 pada babak kedua. Pasalnya ia sudah harus bertemu pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei. Sudah tiga kali Hayom bertemu dengan juara All England 2011 ini, tetapi Hayom belum sekalipun bisa mengalahkannya. Hayom hanya sempat membuat Lee Chong Wei kerepotan pada pertemuan perdananya di tahun 2010 pada kejuaraan Li Ning Singapore Open Super Series.

Taufik Hidayat sebagai pemegang unggulan keempat baru akan bertemu lawan berarti pada babak ketiga. Kemungkinan ia akan menghadapi pemain Hongkong Hu Yun. Tetapi sebelumnya, Taufik harus bisa menghentikan Rodrigo Pacheco Carrillo dari Peru di babak pertama dan Przemyslaw Wacha dari Polandia di babak kedua.
Simon Santoso yang berjuang sendiri di paruh undian bawah, akan mendapat relatif ringan di babak awal. Menempati unggulan tiga belas, ia hanya akan menghadapi pemain Portugal Pedro Martins di babak pembuka dan kemungkinan bertemu Petr Koukal dari Ceko di babak kedua. Lawan tangguh asal Denmark, Peter Hoeg Gade akan di hadapi Simon di babak ketiga.

Di tunggal putri, Indonesia hanya mengirimkan dua pebulutangkis saja. Adriyanti Firdasari dan Lindaweni Fanteri akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Baik Adriyanti maupun Lindaweni, keduanya akan langsung bertemu pemain unggulan di babak kedua. Sebelum menghadapi unggulan keenam Saina Nehwal dari India, Adriyanti harus bisa menghentikan aksi pemain Irlandia Chloe Magee di babak pertama. Sementara Lindaweni Fanetri bertemu pemain Rusia Tatjana Bibik. Jika bisa menumbangkan pemain berperingkat lima puluh lima dunia ini, maka Lindaweni akan menantang Juliane Schenk dari Jerman yang berada pada peringkat ke-10 dunia. Linda pernah kalah pada pertemuan pertamanya pada kejuaraan Singapore Open 2011 lalu. (AR)